Kartu Kuning adalah

BAB I

PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang Masalah

Kartu pencari kerja atau lebih dikenal dengan Kartu Kuning adalah kartu yang digunakan oleh para pencari kerja sebagai keterangan bahwa mereka belum dan sedang mencari kerja. Kartu pencari kerja atau kartu kuning ini biasanya digunakan sebagai syarat untuk melamar pekejaan, meskipun tidak semua perusahaan mengajukan syarat untuk memiliki kartu kuning.

Pada dasarnya, setiap kartu kuning yang dihasilkan akan digunakan untuk statistik jumlah pencari kerja pada tahun yang bersangkutan agar dapat dibandingkan dengan jumlah lapangan kerja yang ada, sehingga dapat menjadi koreksi atau landasan untuk meningkatkan jumlah lapangan kerja di Indonesia. Namun pada pengolahannya mengalami kendala. Yaitu karena sistem yang digunakan untuk membuat dan mengolah data kartu kuning masih konvensional atau sistem manual. Diketahui bahwa sistem manual atau konvensional membutuhkan waktu yang lama, peralatan dan perlengkapan seperti buku dan file dan karyawan-karyawan yang terbagi dalam beberapa divisi. Melihat dari permasalahan tersebut, penulis mencoba membuat sebuah aplikasi untuk mengganti sistem manual menjadi sistem yang sudah terkomputerisasi sehingga memudahkan petugas untuk membuat, mengolah dan meyimpan data pencaker yang membuat kartu kuning.

1.2         Identifikasi Masalah

Terkait permasalahan tersebut di atas, penulis membatasi pembahasan dengan identifikasi masalah sebagai berikut :

  1. Masih konvensionalnya cara yang digunakan dalam pembuatan kartu pencari kerja (Kartu Kuning) yaitu melalui pencatatan oleh petugas pada blangko yang telah disediakan.
  2. Masih menggunakan teknik penyimpanan data melalui buku yang kemudian akan disimpan ditempat / rak penyimpanan berkas.
  3. Bagaimana prosedur dan proses pembuatan kartu pencari kerja (Kartu Kuning).
  4. Data dan persyaratan apa saja yang diperlukan dalam pembuatan kartu pencari kerja (Kartu Kuning).

1.3         Maksud dan Tujuan

Maksud dari  Kerja Praktek ini adalah : 

  1. Untuk menyerap ilmu praktis sekaligus mampu memberikan sumbangan pemikiran bagi dinas guna memperoleh pengalaman kerja dan memahami permasalahannya.
  2. Untuk mengamati langsung aktivitas karyawan dan karyawati pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial.
  3. Meningkatkan dan menetapkan proses penerapan teknologi baru dari dunia kampus ke lapangan dan sebaliknya.
  4. Meningkatkan, memperluas dan menetapkan sikap profesionalisme penulis yang nantinya berguna pada saat penulis akan memasuki dunia kerja.

Sedangkan tujuan dari Kerja Praktek ini adalah :

  1. Mempelajari prosedur pembuatan kartu kuning.
    1. Menganalisis data-data dan lingkungan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Kuningan sebagai dasar pembangunan aplikasi pembuatan kartu kuning.

1.4         Metode Pengumpulan Data

Untuk lebih mempermudah dalam melaksanakan Kerja Praktek ini, penulis menggunakan beberapa metode penelitian yang nantinya diharapkan mampu membantu dalam pengumpulan data untuk pembuatan program maupun pembuatan laporan hasil kerja praktek.

Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu:

  1. Riset Lapangan

Dalam riset lapangan ini, penulis melakukan penelitian dengan melakukan dua langkah yaitu:

  1. Observasi, yaitu dengan malakukan pangamatan secara langsung tentang obyek yang sedang diteliti, sehingga langkah-langkah yang dikerjakan dalam bagian tersebut bisa dipahami secara tepat sesuai dengan kinerja yang ada.
  2. Wawancara, yaitu dengan melakukan tanya jawab secara langsung terhadap pegawai atau pimpinan yang berhubungan dengan obyek yang sedang diteliti, sehingga proses yang dikerjakan dalam bagian tersebut bisa dipelajari oleh penulis.
  3. Studi pustaka

Dimana penulis melakukan pencarian informasi berdasarkan sumber-sumber    pustaka dimana konsep dan teori yang menjadi dasar pembuatannya didapat dari sumber pustaka berupa buku maupun tutorial dari internet yang berkaitan dengan program aplikasi yang dibuat.

1.5        Metode Penulisan

Sistematika penulisan laporan Kerja Praktek terdiri dari :

BAB I PENDAHULUAN

Meliputi latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode/teknik pengumpulan data, metode penulisan, serta waktu dan lokasi kerja praktek.

BAB II RUANG LINGKUP PERUSAHAAN

Pada bab ini penulis menjabarkan secara singkat mengenai sejarah perusahaan tempat penulis melakukan kerja praktek, kedudukan perusahaan, bentuk dan badan hukum perusahaan, bidang pekerjaan perusahaan, bidang pekerjaan divisi/departemen tempat kerja praktek, dan struktur organisasi perusahaan.

BAB III KEGIATAN SELAMA KERJA PRAKTEK

Pada bab ini penulis menjabarkan tentang jadwal kerja praktek yang dilakukan oleh penulis. Selain itu, penulis juga menjabarkan tentang cara atau teknik yang dilakukan penulis selama melakukan kerja praktek dan data hasil selama kerja praktek yang dilakukan oleh penulis.

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisi kesimpulan selama penulis melakukan kerja praktek di perusahaan, serta saran yang mungkin berguna bagi para pembaca berhubungan dengan hasil kerja praktek yang dibuat.

 

2 responses to “Kartu Kuning adalah

  1. kereeeeennnnn… go greeennn. heee

  2. keren apane mas…kue bae njajal tok…hahha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s