tentang PETUAH SI SOL SEPATU

masih inget nama PRESIDEN-PRESIDEN kita semua? klo gak salah bertuliskan:

Soekarno

Soeharto

Habibie

Gus Dur

Megawati

SBY

maaf ga pake gelar???hehe..damai itu indah,,

bersharing nieh buat kalian yg berminat ya,,,
gemien kue enyong karo sahabate enyong eji ming arah MORO . nek di telusuri kaya kie awal mulane dritane lan critane enyong karo sabahate sing kayak kuelah…

enyong:eji nengendi koh?

batirku: eji nengumah juguran bae.. ana apa??

enyong: ngapa si juguran bae nengumah,,,ngangkrem apa ya? rajin temen koelah ..haha… ke keMORO yuh….

batirku: Ngapain?

enyong:ya dolan baelah,sisan ndeleng MP3n…

batirku: ya mayuh, ya wis koh mingeneh ya…

enyong: Ocre Bozz,enyong On The Way karo kol bae ya bebeh arep ngepit…

Gak berapa lama akhirnya saya sampai di Rumah sahabat Saya….

enyong: assalamualaikum….

Keluargane nyaut: Walaikum salam…

enyong: totone ana bu?

lilike: ana sedela ya… toooooo….(*teriak ala tarzan)

Akhirnya Sahabat saya keluar….

batirku: Wes.. tah gelisan temen wis gutul ngeneh ya..

enyong: Wes Iya donk, mumpung enyong preee ngode kielah…haha..

batirku: ya wis tunggoni engyong tak ganti klambi sit ya…

enyong: OK lah nek kayak kuek..

batirku: koe mau ngekol apa?siki dewek arep numpak apa??

enyong: ya wis numpak angkot B2 bae,,engko dewwek mlaku trusan,,piwe…??

batirku: lah mbok ngedap nek mlaku mingnah,,numpak motor bae si ngapa?

enyong: ora kaya kue,,enyong bar ketilang,,mulane ganggo kol ket umahmau lah…

batirku:emh,,ya wis,,,mayuh mangkat,,nunggu apa maninglah.

hehehehe
Setelah pamit, kita langsung jalan sembari nunggu ANGKOT B2 lewat….

Setelah 15 Menit Berlalu:

enyong: bro, ngomong-ngomong kayane dewek mlaku wis adoh tenan kie…

batirku: iya ya…wis gutul sekolahan SMA aja(*Jarake sekitar 6 Kilo)

enyong: terus dewek melaku nganggo sikil sampe MORO?

batirku: ah.. maning sih… kapan arep gutul?

enyong: lah koe,,ngapa ngasengnine mlaku baelah…

batirku: jenenge bae eji ngobrol ya ora krasa mbok perjalanane..

enyong: ya wis dewek mandeg sitlah ya.. sembari liren sit….

selang 5 Menit:

enyong:bro,,yuh malaku maninglah..langka kie B2 ra jedul2 bampere…

batirku: iya ya, tapi ngomong-ngomong, sepatu enyong jebol kie
ek… tuku lem nengendi ya?

enyong: yaelah, jebol sepira sih…banjur tak deleng *edededee,,ala buyset…ala kue…!!! sepatu kaya kie koe anggo bae..

batirku: abise,,koe nganggo sepatune sing ala bangetlah..dadi enyong golet sing elek ya,,,

enyong: mbok q ora ngongkon koe ngetutna sepatukulah haha… sepatu kaya kue kumel eji kuat nggo futsalan neng petro ya…ya wis q tak mlaku golet lem sit ya..

batirku: Ia wis gagean ya,,,aja kesuen..

bar di tinggal nyambi ndelengi bocah SMAan,,,menaw ra’i-ra’i dewek kayak bandit elek,,,darani arap negeki bocah SMAan?
!!!

batirku: wis nyantai bae le (*panggilannya orang kecil dari jawa klo gak salah), enyong arep tuku lem udu pengen negeki koe pada..

bocah SMA: iya kang, abis tampange kaya reman sih hhe..

ok.
Dari jauh, saya hanya ketawa-ketawa sambil maen-maen tanah(*???)… Dan setelah beberapa menit nunggu Lem Kering, ternyata bukan tambah bener, sepatunya malah tambah parah haha…

enyong: ya wis, ntar sampe duta mode baru kita nyari tukang Sol Bro…

temenku: Yaudah,koe brenti-in tuh angkot B2…

Akhirnya kita berdua masuk ke angkot…

Saya: Bang, nie angkot perasaan pendek banget yak?

sopir angkot: Lha koe sing mandan duwur ndeane, wong normale semene tok koh ya…piwelah..

Saya: iya ya… perasaan tinggi gw cuma 170n dah pak… iya dah klo gitu…

Akhirnya saya duduk sambil nundukin kepala, soalnya angkotnya terlalu pendek untuk saya haha…

Setengah jam kemudian tekan kebon ndalem…hhehehe

Saya: Ayo lah kita cari Tukang Sol Dulu…

temenku: Ayo…

Saya: Pak, Tukang Sol deket-deket sini disebelah mana?

Tukang Asongan: mudun bae ming ngisor, pokoke ana nengkono..

Saya: Matursuwun sanget Nggeh pakde… monggo….

Tukang Asongan: iya pada-pada’..

Setelah 5 Menit jalan, akhirnya Keberadaan Tukang Sol ditemukan…

temenku: Pak, Sol ya?

Tukang Sol: iya, mau ng’sol apa?

temenku: nie sepatu saya Jebol Pak…

Tukang sol: coba buka sepatunya biar saya liat… Eum… 7 Ribu aja dah..

temenku: udah 5 ribu aja pak..

Tukang sol: iya udah…

Setelah beberapa Menit akhirnya si Tukang Sol saya ajak ngobrol:

Saya: Tinggal dimana Pak?

Tukang Sol: Di dareh purwokerto barat nak…

Saya: Sama Keluarga Pak?

Tukang Sol: nggak keluarga saya di wangon semua, saya cuma sendiri..

Saya: Owhh… terus udah lama Pak mangkal disini?

Tukang Sol: sUdah 15 Tahun nak..

Saya: Widih.. sudah lama ya pak…

Tukang Sol: iya soalnya udah banyak langganan disini, jadi bapak gak mau pindah-pindah lagi..

Dan Akhirnya si Bapak yang mulai memberikan Petuah lan nasehatnya sing mendalam buat ke Saya dan Sahabat Saya…

Tukang Sol: Udah Kerja nak..

Saya: iya udah Pak…

Tukang Sol: bagus deh, itu anak-anak jalanan yang di lampu merah juga tiap hari saya suruh ngumpulin dikit-dikit biar bisa ng’lanjutin sekolah dan kerja…. Soalnya pendidikan penting jaman sekarang nak.

Saya: Bener Pak… Ngomongin pendidikan, Anaknya ada berapa pak(*kaga nyambung)

Tukang Sol: Ada 3 nak, yang pertama udah lulus S2 Agama Islam STAIN, yang kedua, baru Lulus S1 UNSOED kemaren, klo yang terakhir masih di SMA 2.

Saya: Wah hebat… berarti Cita-cita bapak tercapai ya Pak

Tukang Sol: Alhamdulillah iya nak.. ya biarpun Orang tua Bapak cuma bisa nyekolahin Bapak Sampe SD, tapi klo bisa Bapak bisa nyekolahin anak-anak bapak lebih dari SD..

Saya: Sama Pak, Ibu sama bapak Saya juga cuma Lulusan SD, tapi buat saya mereka ya lebih pinter dari Saya hehe…

Tukang Sol: Berarti Cita-cita orangtua adek udah tercapai juga…

Saya: mungkin juga pak…

Tukang Sol: iya donk, klo orang susah kaya kita biasanya klo ng’lakuin apapun lebih sungguh-sunguh dari pada mereka yang punya orang tua kaya… Coba aja liat Presiden kita semuanya orang tuanya susah kan?

Saya: ntar dulu pak saya inget-inget dulu…

Tukang Sol: Soeharto cuma Petani orang tuanya, SBY juga cuma tentara klo gak salah… mana ada anak pejabat jadi Presiden…

Saya: Iya juga ya Pak…

Tukang Sol: lha iya, soalnya klo orang tuanya kaya, mereka pasti mikir, gak perlu kerjapun saya bisa hidup… bukan kaya kita yang mikirin anak cucu kita… (*makin seru aja nie)

Saya: maksudnya Pak?

Tukang Sol: iya klo kita mah kan kerja, mikirin lagi, ntar klo kita punya anak, kita bisa ngasih pendidikan yang layak apa gak untuk anak kita… sementara mereka, paling yang dipikirin gimana cara ngabisin harta orang tuanya.. ntar giliran orang tuanya bangkrut baru dia mulai mikir… saya mau makan pake apa, gimana cara ng’biayain keluarga saya ntar… bener gak?

Saya: Manggut-manggut…

Tukang Sol: Coba tolong ambilin tas bapak nak, ntar dikiranya bapak bohong lagi hhe…

Saya: Maaf nie pak ya, nie tasnya…

Tukang Sol: Nie foto anak saya waktu Wisuda S2 STAIN kemaren nak… yang dibaliknya foto Anak saya yang diwisuda S1 UNSOED… bukan maksud sombong nak, saya cuma mau nunjukkin klo saya gak ng’bohongin kalian..

Saya: iya pak saya juga gak mikir dibohongin ko hehe… wah Hebat Bapak…(*wajah kami penuh kekaguman kepada bapak sol itu)…

Tukang Sol: semuanya kan tergantung gimana kita memandang semua pekerjaan kita… kerjaan anak apa?

Saya: dlm hati saya”klo saya bilang operator pasti si Bapak kurang paham”, akhirnya saya bilang, jaga warnet aja pak, kuli lah….

Tukang Sol: nha gtu aja digaji kan nak…

Saya: Iya pak…

Tukang Sol: klo gitu udah nikmatin kerjaannya sekalian ambil ilmunya, sama kaya saya nikmatin kerjaan Ng’sol saya, tapi klo ada yang lebih baik ya silahkan pindah.. klo Bapak kan cuma SD gimana mau nyari kerjaan lain hhe.. paling-paling cuma subuh Bapak jualin koran …

Saya: makasih pak, InsyaAllah saya akan nikmatin kerjaan saya… Weh bapak jual koran juga pak?

Tukang Sol: iya nak, bukan untuk tambahan penghasilan, tapi biar Bapak bisa baca berita Gratis tiap hari hehe..sekalian cari kepintaran tanpa guru gtu,,,

Saya: Haha… bisa aja si Bapak(*saya makin kagum)

Akhirnya Sepatunya kelar…

Tukang Sol: Nie nak sepatunya cobain dulu..

temenku: iya Pak… saya juga kagum sama orang kaya Bapak…

Tukang Sol: makasih nak… saya cuma bisa ng’doain kalian berdua bisa tercapai cita-citanya…

Saya & temenku: AMIN.. itu aja udah cukup pak..

Saya: Klo gitu kita mau lanjut ya Pak… makasih nie untuk semua nasehatnya…. sembari cium tangan ke Tukang Sol

temenku: saya juga ya Pak… Assalamualaikum…

Tukang Sol: iya mari nak… Walaikum salam….

Akhirnya saya dan sahabat saya langsung jalan kaki lagi menuju moro….

Terus apa yang mau saya ungkapkan dari Ilustasi nyata tersebut? saya cuma mau mau nerusin kata-kata si Bapak… klo Hidup kita saat ini bukan hanya untuk kita, tapi juga untuk anak cucu kita, jadi klo saat ini kita masih suka menghambur-hamburkan uang kita, coba sedikit kita merenung… jangan-jangan anak cucu kita malah akan hidup susah karena kelakuan kita kini… Dan yang terpenting, nikmati pekerjaan anda, apapun kerjaan anda, lakukan itu semua dengan baik dan jangan setengah-setengah… Dan terakhir, doakan orang tua anda, karena klo sekarang anda bisa sekolah sampe jenjang SMP, SMA, S1, bahkan S2 dan S3, itu karena orang tua anda terus berjuang agar anda bisa lebih suskes dari mereka…amin ya robball alamin.wassalam.

Leave a Reply

