garam dan laen-laen.

Garam
Mestilah dicicip sebelum menjamah makanan lain. Saidina Ali (r.a) telah berkata bahawa Rasulullah (s.a.w) telah menyuruhnya memulakan menjamah makanan dengan garam dan menyudahkannya juga dengan garam. Ini adalah kerana Allah (s.w.t) telah menjadikan garam itu penyembuh untuk tujuh puluh jenis penyakit. Termasuk kedalam tujuh puluh jenis penyakit itu ialah sawan, sakit gigi, gila dan penyakit dalam usus. Yang lainnya tersimpan dalam ilmu Allah Yang Maha Luas.

Ada juga petua dari seorang rakan. Beliau mengalami batuk-batuk dan gatal tekak beliau pergi berjumpa doktor satelah seminggu mangambil ubat batuk beliau tidak juga sembuh di minggu kedua beliau berjumpa lagi seorang doktor tidak juga sembuh pada minggu ketiga beliau berjumpa dengan seorang rakan kenalan beliau yang juga seorang doktor. Doktor tersebut menyaran begini… untuk menghilangkan sakit tekak atau batuk-batuk. Semasa hendak pergi tidur letakan sedikit garam kedalam mulut biarkannya larut bersama air liur dan terus tidur….Insya Allah dalam masa tiga hari tekak anda tiada rasa gatal-gatal dan batuk anda akan hilang. Selamat mencuba.
Garam bukan hanya digunakan sebagai penyedap rasa saja pada masakan. Tetapi lebih dari itu garam ternyata juga mempunyai manfaat yang tidak sedikit bagi kehidupan kita.

Biasanya orang memanfaatkan garam untuk keperluan memasak. Sebagai bumbu, penyedap maupun keperluan sejenis. Namun ternyata garam juga bisa digunakan untuk hal lain selain keperluan dapur.

Untuk pemanfaatan garam dalam keperluan selain memasak ikuti petunjuk berikut ini.

1. Tambahkan garam saat mencuci sayuran dengan air dingin. Garam akan menjadikan sayuran tetap segar dan kotoran atau serangga yang bersembunyi di dalamnya akan muncul.

2. Jika tubuh dan kaki terasa penat serta pegal, rendamlah badan atau kaki di air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Insya Allah badan akan menjadi segar kembali.

3. Jika kuku mudah putus atau patah cobalah rendam di air hangat yang telah dicampur garam, lakukan seminggu sekali selama lebih kurang 5 menit.

4. Bila bekas the yang berwarna kecoklatan masih melekat di gelas atau cangkir maka bersihkan dengan garam.

5. Hindari kuman flu dan batuk dengan berkumur air garam. Lakukan setiap pagi dan malam.

6. Garam yang telah dilarutkan di air dingin juga dapat menghilangkan noda darah pada baju atau kain putih. Caranya gosok-gosokkan bagian yang bernoda dengan air yang sudah diberi garam.

7. Garam juga dipercaya dapat menghilangkan rasa nyeri di kepala. Caranya taruh sedikit garam di balik lidah dan setelah 10 menit minum segelas air.

8. Jika baju baru kurang meyakinkan apakah luntur atau tidak rendam dulu di air dingin yang dicampur garam selama 15 menit sebelum mencucinya.

9. Selesai membersihkan perabot rumah tangga yang terbuat dari kayu atau rotan (yang tak dipelitur) siramkan air garam dingin kemudian di lap, perabot pun tak akan menjadi kekuningan.

10. Bagi yang sensitif dengan garam jangan letakkan garam di meja makan, ingat mengurangi pemakaian garam berarti membuat badan terhindar dari resiko stroke dan penyakit jantung.

11. Agar garam tetap kering dan mudah meluncur dari wadah penyimpanannya masukkan beberapa butir beras di dalamnya.

12. Bila digigit serangga cobalah cuci bekas gigitan tersebut dengan air hangat yang dicampur dengan garam.

13. Bila pakaian terkena flek, keringat dan anggur atau minuman keras coba rendam pakaian itu dalam larutan garam kemudian dicuci dengan air panas dan sabun.

KURMA
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rumah yang tidak ada kurma di dalamnya, akan menyebabkan penghuninya kurang sehat”. “Berilah makanan kurma pada wanita yang hamil sebelum dia melahirkan, sebab yang demikian itu akan menyebabkan anaknya menjadi seorang yang tabah dan bertakwa (bersih hatinya)”. Abu Abdillah a.s. bersabda: “Buah kurma adalah salah> satu buah yang berasal dari syurga dan dapat mensirnakan pengaruh sihir”. Abu Abdillah a.s. bersabda: “Orang yang memakan 7 buah kurma yang baik sebelum sarapan, maka pada hari itu dia tidak akan tertimpa racun, sihir dan tidak diganggu setan”. Imam Ja’far Ash-Shadiq a.s. bersabda: “Barangsiapa memakan 7 buah kurma yang baik, maka cacing-cacing yang ada di perutnya akan mati”.

KISMIS
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa memakan kismis merah sebanyak 21 biji setiap hari sebelum sarapan pagi, maka dia tidak akan tertimpa penyakit kecuali kematian”. “Biasakanlah memakan kismis karena kismis dapat menghilangkan kepahitan (empedu/cairan kuning), menghilangkan lendir, menyehatkan badan, membaguskan rupa, menguatkan saraf dan menghilangkan letih”. Imam Ali a.s. bersabda: “Barangsiapa memakan 21 biji kismis merah, maka dia tidak akan melihat pada jasadnya suatu yang tidak disenangi”. “Kismis dapat menguatkan jantung, menghilangkan penyakit, menghilangkan panas dan memulihkan kesehatan jiwa”. Pada riwayat lain dari Abi Ja’far At-thusi disebutkan bahwa kismis dapat menghilangkan lendir dan menyehatkan jiwa”.

MADU
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa minum madu setiap bulan dengan niat melakukan nasehat Al-Qur’an, maka Allah SWT akan menyembuhkannya dari 77 penyakit”. “Barangsiapa ingin memiliki hafalan yang kuat hendaklah dia meminum madu”. “Sebaik-baik minuman ialah madu karena dia dapat mengkonsentrasikan hati dan menghilangkan dingin yang ada di dalam dada”. “Allah SWt telah meletakan berkah di dalam madu dan menjadikannya sebagai obat dari rasa nyeri, dan madu telah didoakan oleh 70 Nabi”. Dari Imam Ali a.s. beliau bersabda: “Madu adalah obat dari segala penyakit,tiada penyakit di dalamnya, ia dapat menghilangkan lendir dan membersihkan hati”. Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq a.s., beliau bersabda: “Rasul saw sangat menyenangi madu”. Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq a.s., beliau bersabda: “Biasakanlah dirimu memperoleh dua obat yaitu meminum madu dan membaca Al-Quran”. Madu lebah mempunyai berbagai-bagai khasiat. Madu atau manisan lebah ini apabila dicampur dengan air panas boleh mengubati penyakit cirit birit. Sabda Nabi s.a.w., “Demi Allah yang aku dalam genggaman Nya, minumlah madu. Malaikat akan memohon rahmat pada penghuni rumah yang ada madu di dalamnya. Jika seseorang itu makan madu, seribu ubat masuk keperutnya dan sejuta penyakit keluar darinya.” Rasulullah sendiri mengamalkan meminum madu, dengan meminum segelas air yang dicampurkan dengan madu setiap pagi ketika perut kosong. Madu dianggap ibu segala makanan, minuman dan ubatan. Madu yang paling berkualiti ialah madu yang dikeluarkan dalam musim bunga (spring), seterusnya dalam musim panas (summer) dan yang kurang berkualiti adalah madu yang dihasilkan dalam musim sejuk (winter).

ekedar untuk kita ketahui bersama, bahwa bahan makanan di bawah ini dapat dengan mudah kita temukan, diantaranya adalah :

1. Telur
Pada umumnya telur dimasukkan ke dalam golongan obat kuat yang sejajar dengan susu, madu dan rempah-rempah. Dalam sebuah hadits diterangkan bahwa seorang nabi pernah mengadu kepada Allah tentang kelemahan dirinya lalu diperintahkan Allah untuk makan telur (HR. Baihaqi)

2. Kurma
Sabda rasulullah SAW : Barang siapa bersarapan dengan 7 butir kurma maka ia tidak akan terserang oleh racun atau sihir pada hari itu.

3. Daun Pacar (inai)
Ditumbuk halus dapat digunakan sebagai penyembuh luka atau sakit kepala.

4. Cuka
Dicampur dengan daun jorong dapat menyembuhkan luka dan bila dicampur dengan gula untuk pengobatan demam

5. Madu
Madu adalah panas yang basah, sebagai penambah nafsu makan, obat batuk dan melegakan keluarnya lendir dari tenggorokan juga untuk penyakit lainnya.

6. Susu
Dapat menghilangkan gatal-gatal, menambah perkembangan sperma (ovum), menambah kesehatan otak dan perut, mempertajam ingatan, menggemukkan badan, penguat tubuh dan untuk meringankan penyakit-penyakit tertentu.

7. Daging
Memperbaiki sel tubuh yang rusak, menambah kekuatan, menjernihkan muka dan menambah stamina dan kesehatan.

8. Garam
Dalam sebuah hadits pernah disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah mengambil air hangat dengan garam untuk pengobatan akibat kalajengking yang menyengat beliau.

9. Bekatul
Sebagai makanan tambahan bagi orang yang kekurangan darah dan penyakit lain, karena bekatul mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin-vitamin.

10. Bawang Putih
Sebagai antibiotic obat kumur, obat gosok yang bila dicampur dengan madu dapat menyembuhkan amandel, berok, tumor dan penyakit kulit.

11. Sari Apel dan Air Kelapa
Berguna untuk menghancurkan batu ginjal atau kencing batu

12. Buah Delima
Mengeluarkan batu ginjal, mengobati penyakit kaki bengkak. Kulit pohonnya untuk mengusir cacing pita dalam perut

13. Air Zam-zam
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit.”

Untuk komposisi dan racikan yang tepat dalam penyembuhan berbagai penyakit dalam hal ini ahli pengobatanlah yang lebih tahu.

Satu hal yang pasti ialah banyak bahan makanan berkhasiat lainnya yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, bermanfaat dan tiada pernah kita kira sebelumnya.

Ada lagi yang mau menambahkan…???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s