RENCANA HIDUP

Tempat Inspirasi Berpikir

1. Pantai
Aroma senja di pantai pasir putih, hembusan angin laut, deru ombak yang memecah di bibir pantai dan gelora pikiran sungguh merupakan perpaduan yang mengagumkan.
2. Kereta
Ketimbang membeli majalah untuk dibaca di kereta, lebih baik kita membawa diari dan pena guna merencanakan prioritas-prioritas hidup sambil menikmati perjalanan.
3. Konferensi
Bila kita tengah mendengarkan seorang pembicara yang membosankan dalam suatu konferensi, gunakan kesempatan itu untuk menulis agenda-agenda pribadi. Itu lebih baik daripada jatuh tertidur, atau dirundung kebosanan.
4. Taman
Bila punya taman, ketahuilah kalau taman merupakan salah satu tempat inspiratif untuk berpikir. Jika tidak punya taman, kita bisa ke taman kota.
5. Atap
Entah mengapa, berada di tempat tinggi, di mana kita bisa menikmati pemandangan yang luas membentang bisa menjadi salah satu tempat inspiratif untuk berpikir.
6. Kamar mandi
Berendam di bak mandi tanpa terusik oleh apa pun sungguh memberikan relaksasi dan menjadi tempat yang sangat inspiratif untuk berpikir.
7. Warung Kopi
Warung kopi yang ramai juga merupakan tempat yang baik untuk berpikir. Suasana banyak orang yang sibuk dengan urusan masing-masing bisa membantu kita lebihkonsentrasi dalam membuat rencana-rencana pribadi.
8. Kamar setrika
Berada bersama keluarga sambil melakukan kegiatan-kegiatan rutin merupakan salah satu kesempatan lain untuk berpikir. Tangan kita sibuk menyetrika, namun kesibukan itu tidak menyita seluruh perhatian kita. Oleh karena itu, kita bisa sambil memikirkan rencana-rencana hidup.
9. Bandara
Carilah tempat tertentu di bandara di mana kita bisa melihat pemandangan orang-orang yang datang dan pergi dengan pesawat. Pusatkan perhatian pada mereka. Mengapa mereka bepergian? Ke mana tujuan mereka? Renungkan apa yang akan kita lakukan bila kita adalah salah satu dari orang-orang tersebut. Dalam perenungan itu akan muncul berbagai pikiran dan rencana!
10. Istana
Luangkan waktu untuk mengunjungi salah satu istana yang dibuka untuk umum. Perhatikan bagaimana tokoh-tokoh besar mendapatkan kesuksesan. Setelah itu, coba cari tempat yang tenang untuk membuat rencana-rencana pribadi kita.

Cara Mewujudkan Rencana Hidup

1. Langkah pendek
Anda tidak bisa menaiki tangga dengan satu langkah. Proses memperbaiki diri juga persis sama seperti itu. Oleh karena itu, setiap perubahan yang ingin kita wujudkan perlu kita terjemahkan ke dalam langkah-langkah pendek dan kita harus berusaha menjalaninya satu demi satu.
2. Menuliskan rencana
Rencana kita akan tertanam kuat dalam pikiran bila ditulis pada sehelai kertas.
3. Cari tokoh teladan
Pelajari riwayat hidup orang-orang yang berhasil meraih kesuksesan pada bidang yang ingin kita geluti. Pahami bagaimana mereka bisa melakukannya. Sadari pula bahwa mereka juga kerap harus berjuang selama bertahun-tahun sebelum bisa menjadi terkenal dan menggapai keberuntungan.
4. Perlahan tapi pasti
Kita harus mencita-citakan sesuatu setinggi langit, namun perlu dipastikan apakah kita memiliki cukup waktu untuk menggapainya. Banyak orang menyerah di tengah jalan, karena terlalu memaksakan diri. Yang sebenarnya kita butuhkan adalah konsistensi dan ketekunan, bukan kecepatan!
5. Realistis
Mungkin kita berangan-angan bisa pergi ke bulan, namun nyatanya lebih mudah mengunjungi Grand Canyon. Cobalah bersikap realistis, walau mungkin kita mempunyai keahlian, semangat dan energi untuk menjadi astronot!
6. Cari penasihat
Yang bisa mendampingi kita sebagai penasihat adalah keluarga, teman, atau rekan kerja. Yang penting, ada yang bersedia mendengarkan dan memberi motivasi serta dukungan.
7. Tandai setiap kemajuan
Setiap pencapaian perlu diberi tanda dengan hadiah khusus bagi diri sendiri. Artinya sangat penting, supaya kita belajar mengapresiasi dan merayakan setiap prestasi yang berhasil dicapai.
8. Toleh ke belakang
Memusatkan seluruh perhatian ke masa depan merupakan hal yang sangat penting, namun penting pula untuk sejenak menengok ke belakang untuk mengetahui sejauh mana kita telah melangkah. Oleh karena itu, berhentilah sejenak dan renungkan apa yang sudah kita capai sampai saat ini.
9. Lakukan pembandingan
Benchmark merupakan istilah yang tinggi, namun ada baiknya bila kita menggunakannya. Arti istilah ini adalah kita perlu mencari orang-orang yang berjuang ke tujuan yang sama dengan tujuan kita. Kemudian, bandingkan kemajuan yang kita capai dengan yang telah mereka capai.
10. Berpikir positif
Teruslah meyakinkan diri bahwa segala sesuatu mungkin dan bisa menjadi kenyataan. Singkirkan semua keraguan yang hanya membuat perjalanan kita terbeban

Cara Meluaskan Wawasan Berpikir

1. Tulis obituari
Istilah ini tampak menakutkan, namun sebenarnya tidak. Kita perlu menulis catatan-catatan positif kesuksesan hidup kita sesuai tanggal-tanggalnya. Apa yang hilang merupakan hal yang masih perlu kita perjuangkan.
2. Tanya teman
Carilah orang yang sedang mengupayakan hal yang sama dengan yang kita perjuangkan. Tanyakan kepada orang tersebut apa yang belum ada atau hilang dari catatan keberhasilan kita. Apakah catatannya sama dengan catatan kita? Sharing perbedaan-perbedaannya.
3. Baca biografi
Coba membaca catatan hidup orang-orang yang kita anggap sukses. Sebagian adalah orang-orang terkenal. Ada baiknya kita mencermati pula catatan mengenai orang-orang yang tidak menonjol, namun memiliki kesuksesan gemilang dalam bidang yang sama dengan yang sedang kita perjuangkan.
4. Tulis gagasan baru di tembok
Siapkan dinding tertentu untuk menulis gagasan-gagasan baru yang muncul dalam pikiran kita. Tuliskan paling tidak satu hal setiap kali kita lewat di samping dinding tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menempel flip-chart pada dinding tembok.
5. Pejamkan mata
Duduklah di samping jalan atau kafe yang ramai sambil memejamkan mata. Dengarkan apa pun yang terjadi di sekeliling. Coba bayangkan wajah orang-orang yang Anda dengar. Kemudian, buka mata dan lihatlah perbedaannya.
6. Bawa hari esok ke hari ini
Gambarkan keadaan hidup kita pada lima tahun yang akan datang. Tuliskan semua itu sebagai kejadian sekarang. Cara ini membuat gambaran masa depan kita menjadi lebih nyata.
7. Putuskan mata rantai
Hampir semua yang kita lakukan merupakan bentuk tanggapan kita terhadap hal-hal yang telah terjadi. Bukan karena biasa kerja di kantor, maka kita selalu merasa senang kerja kantor.
8. Tepis setiap anggapan
Ayah saya benci mobil Daihatsu. Katanya mobil merk Daihatsu adalah hasil produksi tidak bermutu. Butuh waktu bertahun-tahun lamanya bagi saya untuk menepis anggapan ayah saya tersebut hingga akhirnya saya membuat keputusan untuk membeli satu mobil Daihatsu.
9. Mendalami hal-hal ekstrem
Coba masuk ke dalam situasi-situasi yang tidak menyenangkan. Misalnya, bila kita suka ke bioskop, sesekali coba ke permainan billiard. Sambil duduk dan berjalan ke sana-ke mari, cermati apa sebenarnya yang menjadi daya tarik permainan itu dan mengapa permainan tersebut tidak cocok untuk kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s