menjaga kesehatan anda,anda yang menjaga.

Air bersih

Diet makanan berimbang

Istirahat cukup

Cahaya Matahari

Iklim & udara segar

Pergerakan badan

Tahan diri

Allah yang terutama

Kondisi kesehatannya parah. Oleh dokternya, John diduga mengidap penyakit jantung. Sementara dokter dan perawat menghubungkannya ke alat monitor jantung, la meyaklnkan mereka: “Dokter, bagi saya benar benar tldak ada masalah atas hasil pemeriksaan hari ini. Kita maslng-maslng mempunyal waktu kapan klta akan mati; waktu Itu sudah dltentukan dan kita tldak blsa berbuat apapun dengan itu.”

Bila anda merenungkan pernyataan tersebut, anda menyadari bahwa ia tidak mengetahui ilmu pengetahuan modern mengenai hubungan antara pola hidup dan kesehatan. Begitu banyak penelitian ilmiah yang dengan jelas menunjukkan bahwa pilihan kita mempengaruhi kesehatan kita.

Kesehatan sangat Bergantung pada Pola Hidup

Banyak orang keliru mempercayai bahwa kebiasaan-kebiasaan yang diwariskan (faktor genetik) merupokan faktor utama yang menentukan kualitas hidup dan berapa lama mereka hidup. Bagi kebanyakan dari kita, kesehatan kita terutama tergantung pada dua faktor yang lain: (1) Apa yang kita masukkan ke dalam tubuh, don (2) Apa yang kita buat dengan tubuh kita. Konsep ini dapat dipadukan dalam satu kata majemuk yaitu “pola-hidup.” Tetapi yang menjadi kabar baik ialah bahwa walaupun kita tidak bisa mengubah genetika kita, kita bisa mengubah pola hidup kita. Pilihan-pilihan pola hidup kita bisa mencegah pembiakan penyakit yang kita miliki karena keturunan ini. Sebagaimana yang dikatakan oleh Dr. Lamont Murdoch dari Fakultas Kedokteran Universitas Loma Linda: “Genetika yang salah mengisi senapan, pola hiduplah yang menarik pelatuknya.”

Apakah Akar Penyebab Kematian

Bila seorang mati karena serangan jantung, stroke, atou kondisi fatal lainnya, apa sebenarnya yang menyebabkan penyakit fatal itu pada masa hidup seseorang? Para peneliti menganalisis akar penyebab mengapa orang Amerika mati dan menemukan bahwa ada sembilan penyebab utama kematian yang sangat terkait dengan pilihan pola hidup: apa yang kita masukkan ke dalam tubuh dan apa yang kita buat dengan tubuh kita, yaitu:

*1. Makanan yang salah, dan kurang olah raga       582.000

*2. Alkohol                                                         107.000

*3. Tembakau                                                     468.000

4. Penyakit Infeksi                                             90.000

5. Keracunan                                                      60.000

*6. Senjata api                                                     35.000

*7. Kebiasaan seks                                                35.000

8. Kendaraan bermotor                                        25.000

*9. Obat terlarang                                               20.000

Semua faktor penyebab dengan tanda bintang terkait secara langsung dengan pola hidup. Kita melihat bahwa akar penyebab kematian sebagian besar adalah pola hidup yang tidak menyehatkan. Dan banyak kematian oleh karena penyakit infeksi disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan akibat pola hidup yang salah. Sekarang, penelitian ilmiah yang begitu banyak menegaskan bahwa sebagian besar penyebab kematian utama dapat dicegah.

Penelitian Tentang Masa Hidup yang Lama Dikaitkan dengan Pola Hidup

Faktor-faktor pola hidup apokah yang menolong kita hidup lebih lama? Dr. Nedo Belloc don Dr. Lester Breslow adalah beberapa dari para peneliti pertama yang mengemukakan jawaban yang meyakinkan. Dalam penelitian klasik mereka terhadap hampir 7.000 orang yang tinggal di Alameda, California, ditemukan bahwa ada tujuh faktor pola hidup yang mempengaruhi berapa lama seseorang itu hidup. Setelah sembilan tahun, sejumlah praktek pola hidup sehat yang diikuti oleh seseorang terkait secara langsung dengan kecenderungan hidup yang sekarat.

Misalnya, mereka yang mengikuti 6-7 kebiasaan yang sehat hidup lebih lama 11,5 tahun dari mereka yang mengikuti 0-3 praktek kebiosaan itu. Mereka yang berumur 60 tahun yang mengikuti ketujuh praktek hidup sehat itu seluruhnya adalah sama dengan mereka yang berusia 30 tahun yang menghidupkan tidak lebih dari tiga praktek pola hidup sehat itu.

Tujuh Praktek Hidup Sehat yang Dianjurkan oleh Dua i1muwan terkenal untuk Kesehatan Dan Umur Panjang:

1 ~ Tidur 7-8 jam. Mereka yang tidur melebihi atau kurang secara meyakinkan dari ini mengalami peningkatan 60 sampai 70 % resiko mati dalam jangka waktu sembilan tahun.
2 ~ Tidak makan di antara waktu makan.  

Sekali-sekali, jarang atau tidak pernah.

3  

~ Sarapan pagi dengan teratur.

Sarapan pagi itu sendiri meningkatkan umur panjang. Mereka yang tidak sarapan dengan teratur akan meningkatkan 50%

resiko kematian dibandingkan dengan mereka yang makan pagi secara teratur.

Manfaat Sarapan pagi:

Mengatasi masalah lebih baik

Meningkatkan daya ingat

Meningkatkan lancarnya pengucapan

Meningkatkan daya perhatian yang lebih lama

Bersikap lebih baik

Mempunyai nilai sekolah/prestasi yang lebih baik

4  

~ Menjaga berat badan yang tepat.

Jika berat badan seorang

lebih 20% diatas berat badan idealnya (Tinggi badan – 100, toleransi 10%), maka orang itu kegendutan. Ia akan beresiko 3 kali lebih besar mendapat serangan jantung, 6 kali lebih besar resiko kanker kolon, rektum dan prostat bagi pria. Meningkat resiko kanker cervix, uterus dan ovari bagi wanita.

5  

~ 0lah raga secara teratur.

Manfaat olah raga ialah:

Lebih banyak tenaga pribadi

Kurang depresi

Pencernaan lebih baik dan kurang sembelit

Tulang-tulang makin kuat

Tidur lebih banyak

Mengurangi resiko beberapa penyakit kanker

6  

~ Hindari Alkohol

Kemampuan tubuh untuk menyerang bakteri dan virus berkurang sompai 76% walaupun hanya minuman ringan dua kali (dianjurkan untuk tidak menggunakan alkohol). Peminum berat alkohol meningkatkan resiko kanker mulut, tenggorokan, saluran pernafasan, hati, payudara, dan dubur. Penelitian terakhir mendapati bahwa menggunakan alkohol meningkatkan resiko AIDS.

7  

~ Tidak merokok.

Tembakau adalah penyebab kanker nomor satu di Amerika Serikat dan di banyak bagian dunia lainnya. Secara umum diperkirakan 400.000 orang Amerika mati dari semua penyakit yang disebabkan oleh merokok setiap tahun, dengan pengeluaran biaya perawatan setiap tahun 50 milyar dollar.

Di seluruh dunia kematian tiap tahun akibat merokok sekitar 3 juta orang.

Ini sama dengan satu orang mati setiap 10 detik. Semua kematian ini tidak akan terjadi kalau setiap orang mengadakan pilihan yang benar bagi kehidupan dan kesehatan.

 

Kesehatan bagi semua itulah yang Allah inginkan. Ia menyediakan bagi kita kehidupan yang kita bisa gunakan sepenuhnya. Ia memberikan hidup-Nya untuk memelihara dan memberikan arti bagi hidup itu. Ia menyatakan kerinduan ini.

MAKANAN

Yang

MENYEHATKAN

 

Makanan kita yang mula-mula. Ketika Allah menciptakan Adam dan Hawa, la memberikan petunjuk yang pasti mengenai apa yang mereka harus makan. Kejadian  mengatakan: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu,”Makanan Adam yang terdiri dari buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum telah disesuaikan dengan menyertakan seluruh tanaman setelah is diusir dari Taman Eden. Kejadian  “Semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuhtumbuhan di padang akan menjadi makananmu.”

Seribu tahun kemudian, setelah air bah pada zaman Nuh, terjadi perusakan menyeluruh pada semua tanaman, yang menuntun Allah untuk mengizinkan hewan sebagai makanan. Allah mengatakan, “segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.”

Hanya hewan yang “halal” yang harus digunakan sebagai makanan

Jangan membunuh binatang kalau memang tidak perlu.

Makanan Vegetarian adalah terbaik bagi kita

Ilmu pengetahuan menemukan bahwa manusia memiliki organ-organ tubuh yang khusus dengan fungsi dan proses yang bekerja menurut hukum-hukum alam tertentu. Hukum alam ini, jika dituruti, akan memelihara tubuh sehat dan bekerja dalam tingkat yang normal. Menyimpang dari hukum alam ini bisa memberikan pengaruh yang merusak pada tubuh manusia. Kita diciptakan untuk menjadi vegetarian. Ada perbedaan antara herbivora (binatang pemkan tanaman) dan karnivora (binatang pemakan daging), misalnya:

MULUT. Mulut manusia terbuka kecil, sedangkan binatang pemakan daging seperti anjing mempunyai mulut yang terbuka lebar sehingga segumpal besar daging bisa masuk ke dalam mulut.

SUSUNAN GIGI. Manusia mempunyai gigi Seri yang memotong tajam dengan gigi geraham yang datar atau rata digunakan untuk melumatkan dan mengunyah makanan sama seperti hewan herbivora (pemakan tanaman). Pada segi lain, pemakan daging (karnivora) mempunyai gigi taring yang panjang, kuat dan tajam untuk merebut dan merobek-robek daging. Gigi taringnya tajam di sisinya sampai mendekati rahang yang digunakan untuk memotong daging.

GERAKAN RAHANG. Gerakan rahang pemakan daging searah buka dan tutup saja. Di pihak lain binatang pemakan tanaman mempunyai tiga gerakan rahang yang berbeda – vertikal atau keatas dan ke bawah ke samping, atau ke sisi-sisi dan ke depan clan ke belakang seperti manusia.

USUS. Pemakan daging memiliki perut yang sederhana, usus kecil yang pendek, dan usus besar yang sangat pendek, lurus dan licin. Di pihak lain, pemakan tanaman mempunyai kapasitas perut yang lebih besar dengan bagian-bagiannya yang seringkali rumit, misalnya perut ternak piaraan/sapi yang berlipat-lipat ganda. Usus kecilnya sangat panjang dan usus besarnya panjang dan licin. Usus manusia tidak berbentuk seperti para pemakan daging.

JALUR KERINGAT. Pemakan tanaman berkeringat melalui kulit sama seperti manusia, sedangkan hewan pemakan daging berkeringat melalui mulut. Ludah manusia mengandung enzim ptilin, sama seperti hewan pemakan tanaman, yang digunakan untuk mencerna tepung, tajin. Manusia meminum air dengan mengisap/menyedot seperti pemakan tanaman. Sedangkan semua hewan pemakan daging menghirup dengan lidah mereka. Garam empedu manusia seperti hewan pemakan tanaman dan bukan seperti pemakan daging.

Makanan Vegetarian Mencegah Penyakit

Oleh karena manusia dirancang bukan untuk memakan daging, tidak heran begitu banyak penyakit yang menakutkan timbul sebagai akibat dan memakan daging, termasuk dalamnya kanker, penyakit jantung kardiovakular dan cerebrovaskular, penyakit seperti serangan jantung, stroke, darah tinggi, dll. Ilmu pengetahuan telah lama membuktikan bahwa makanan vegetarian bisa mencegah penyakit-penyakit ini. Jauh sebelumnya, tahun 1961, majalah “Journal of American Medical Association” menyatakan: “Makanan vegetarian bisa mencegah 97% dari penyumbatan urat nadi jantung.”

Rita Butram PhD, Kepala Bidang Makanan dan kanker pada Lembaga Kanker Nasional (NCI) Amerika mengadakan bahwa 3540% dari semua kematian akibat kanker ada kaitannya dengan makanan. Selanjutnya ia berkata bahwa NCI Amerika telah menentukan tahun 2000 untuk mencapai tujuan mengurangi kematian akibat kanker sampai 50%. Menurut Dr. Butram, tujuan ini bisa tercapai jika orang-orang menuruti anjuran dari Lembaga NO Amerika ini, sebagai berikut:

  • Kurangi lemak sampai 30% dari total kalori
  • Tingkatkan makanan serat sampai 20-30 gram perhari, dengan batas paling banyak 35 gram.
  • Jaga berat badan yang ideal
  • Makan lebih banyak buah dan sayur-sayuran.
  • Makanan Vegetarian meningkatkan Daya Tahan

Dr. Per Olof Astrand, seorang ilmuwan Swedia yang kesohor, mengadakan percobaan untuk menentukan makanan yang terbaik bagi para olahragawan. Dengan memilih sembilan atlit untuk percobaannya, iamemberikan mereka makanan-makanan yang berbeda, untuk tiga hari. Makanannya adalah sebagai berikut:

Fase I: makanan campuran yang normal

(daging, kentang, wortel, kol, dan mentega). Para atlit mengayuh pada sepeda-diam untuk rata-rata 114 menit.

Fase II: protein tinggi dan lemak dari hasil hewani

(daging, ikan, mentega dan telur). Mereka bisa mengayuh sepeda-diam selama 57 menit sebelum kelelahan.

Fase III: makanan berkarbohidrat tinggi

(roti, kentang, jagung clan aneka sayuran dan buah-buahan).Mereka sanggup mengayuh sepeda-diam untuk rata-rata sekitar 167 menit.

Dengan kata lain daya tahan mereka hampir tiga kali lipat lebih besar bilamana mereka memakan makanan vegetarian dibanding jika mereka makan daging dan hasil peternakan lainnya.

Schontenden menguji sejumlah mahasiswa Universitas di Brussels untuk membandingkan kekuatan tenaga dari orang-orang yang sama sekali vegetarian melawan orang-orang yang suka makan daging. Para mahasiswa diharuskan mengikuti dua uji fisik:

  • Menekan “ergograph” dengan tangan kanan
  • Mengangkat berat

Hasilnya menunjukkan bahwa para vegetarian mencapai rata-rata 69 angka pada ergograph dan pemakan daging hanya mencapai 38 angka. Vegetarian yang paling kuat mencapai angka 1,457 dalam angkat berat, sedangkan pemakan daging yang paling kuat hanya mencapai angka 1,049. Suatu hal yang mengejutkan ialah bahwa ia mendapati para vegetarian lebih cepat pulih setelah menguras tenaga sehingga lebih siap mengulangi percobaan itu dibanding dengan lawan-lawan mereka.

Tidak heran sebagian besar dari atlit-atlit dunia adalah vegetarian. Apakah rahasia dari kemenangan para atlit ini? Jika seorang memakan makanan yang mengandung karbohidrat, itu akan diubah menjadi glukosa dan tersimpan di dalam hati (lever) dan otot dalam bentuk glikogen. Banyaknya glikogen pada otot penting untuk mengubah ATP (Adenosine Triphosphate) menjadi ADP (Adenosine Diphosphate) -yang menghasilkan tenaga. Karena itu, lebih banyak jumlah karbohidrat yang dimakan, lebih banyak tenaga dihasilkan. Daging tidak mengandung karbohidrat sedikitpun. Sebab itu, seorang vegetarian akan menghasilkan lebih banyak tenaga.

Pedoman bagi suatu Makanan yang terbaik:

• Gunakan ANEKA RAGAM padi-padian (biji-bijian) dan sayur-sayuran.

• Siapkan makanan sesederhana mungkin, namun menarik dan mendatangkan selera. Rebus, bakar atau panggang, gantinya menggoreng. Hindari lemak. Gunakan semua jenis lemak sejarang mungkin (minyak nabati, lebih baik).

Makan Teratur :

Pagi: Makanan yang terbaik dan terbanyak. (sarapan pagi seperti raja)

Siang: Makanan yang kedua terbaik (makan siang seperti pangeran)

Malam: Makanan teringan dari hari itu (makan malam seperti pengemis).

Jangan makan di antara waktu makan

la seorang yang sangat kuat. Tingginya sekitar 180 cm, seorang peternak yang berambut merah. Seorang pekerja keras dan hidupnya pun keras; ayah tiga anak dan suami seorang istri. Dan istrinya memberinya makan apa saja yang ia inginkan. Babi kukus dan telur untuk sarapan pagi, susu asli langsung dari sapi, roti putih bakar atau biskuit, mentega dan kopi. Dan rokok sampai siang, sambil ia bisa menikmati daging sapi dan kentang yang dilembutkan dalam saus yang disegarkan oleh susu asli, tepung dan air daging dari panci daging goreng. Demikian juga makan malam.

Hidup itu menyenangkan! …. Sampai umur 47. Serangan jantungl Dan kemudian lumpuh untuk empat tahun. Empat tahun lamanya takut mati, namun takut akan kehidupannya yang ia ingin hidupkan itu! Lalu, akhirnya, serangan terakhir. Anak-anak baru saja meninggalkan sarang. Dan sekarang ketika mereka baru saja terbangun untuk merasakan kebutuhan akan seorang ayah – tidak ada ayah lagi” Statistik tidak mencatat kesedihan yang mendalam, kekecewaan, harapan yang frustrasi, penderitaan, usaha yang berani untuk menyesuaikan diri dengan kesepian. Sedih. Dan sebenamya keadaan itu bisa lain sama sekali dari itu.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip makanan sehat yang kita telah perbincangkan dalam risalah ini, anda bisa mendapatkan kesehatan yang sebaik-baiknya secara umum. Dengan mengikuti pedoman rajapangeran-pengemis, kelebihan berat badan anda tidak lagi menjadi masalah. Anda akan tidur lebih nyenyak malam hari jika anda tidak makan makanan berat malam hari yang harus terus dicerna sementara anda tidur. Banyak manfaatnya selain mencegah penyakit, meningkatkan kekuatan. Yang penting ialah, cobalah untuk diri anda sendiri dan temukan betapa hidup anda itu menyenangkan nantinya! Dengan pertolongan Allah, anda dapat melakukannya.

GERAK BADAN DEMI KESEHATAN ANDA

 

Manusia mempunyai sekitar 650 otot tubuh, berarti 650 motor yang memberikan kemampuan untuk bergerak. Otot-otot ini, jika tidak digunakan akan kehilangan kemampuannya dan berkurang ukurannya dan jika itu tidak aktif untuk jangka waktu yang cukup lama, maka akan berhenti berfungsi semuanya. Karena itu gerak badan penting.

Teknologi telah menghentikan kita dari gerak badan alami. Jika pekerjaan anda tidak memberikan gerakan tubuh yang giat maka anda harus bergerak badan dengan giat. Barangkali itu tidak sebaik dengan bekerja keras ketika anda mengikat, mengangkat, memutar, membalikkan, meregangkan dll., tetapi begitulah seharusnya kita hidup sementara perubahan dan kenyamanan datang ke dalam kehidupan kita sebagai hasil teknologi baru ini.

Manfaat Melakukan Gerak.Badan Dengan Teratur.

Keuntungan dari gerak badan ialah :

• Memperkuat otot jantung

• Memperbaiki sirkulasi di seluruh saluran darah

• Menormalkan tekanan darah – tekanan darah tinggi akan menurun dan tekanan darah rendah akan naik

• Kekuatan tulang yang mengangkat berat meningkatkan kekebalan dengan meningkatkaa aliran sel darah putih (WBC), terutama limposit dan polimorphonuclear (PMN) danmnstimulasi produksi beta endorfin dari otak anda yang akan meningkatkan aktifitas pembasmi alami (natural killer.NK) melawan sel-sel tumor. Satu pikogram (sepertriliun gram) beta endorfin meningkatkan aktifitas sel NK melawan sel tumor sampai 42%.

• Menguatkan paru-paru karena itu merangsang untuk bemafas sedaiam-dalamnya.

• Menurunkan emosi negatif, sehingga anda merasa lebih nyaman, karena kurang marah arau frustrasi

• Menguatkan otot, tulang dan jaringan-jaringan penghubung, mencerdaskan pikiran. Para pelajar akan mendapati bahwa mereka akan lebih baik dalam pelajarannya dan bisa belajar badan-bahan pelajarannya dengan lebih cepat. Mempercantik tubuh dan kulit anda Menambah tenaga anda. Gerak badan menghasilkan lebih banyak tenaga melebihi jumlah yang telah digunakan sehingga anda tidak merasa mudah lelah dan akan merasa lebih sehat.

• Mengurangi proses penuaan

• Menolong anda tidur nyenyak malam hari.

Jenis gerak badan yang dianggap menyehatkan adalah gerak-badan yang bisa bermanfaat bagi tubuh. Jenis yang ditekankan disini adalah gerak badan aerobik (pernafasan), karena itu memberikan “manfaat pemafasan,” meningkatkan kemampuan kerja dari sistim kardio vaskular (jantung) dan kemampuan yang baik dalam mengangkut oksigen ke seluruh sel-sel tubuh.

Gerak Badan Aerobik ialah:

1. Berkesinambungan – Yaitu dilakukan tanpa berhenti, seperti berjalan, berlari kecil (joging), bersepeda, berenang secara terus menerus.

2. Berirama – Sebagian gerak badan yang membuat anda bugar mengikuti hitungan empat atau delapan urutan, sebagian besar olahraga jantung mengikuti hitungan irama satu-dua seperti berjalan dengan dua kaki. Bermain tennis tidak berirama tetapi itu juga baik jika dimainkan secara terus menerus.

3. lntensitasnya dari rendah ke sedang (secukupnya, moderat) – Berusaha cukup keras agar mencapai “efek latihan”. Seorang tukang kayu atau petani bisa menghasilkan “efek latihan” hanya dengan suatu peningkatan denyut jantung yang sedang karena ia bergerak sepanjang hari. Tetapi seorang pekerja yang kurang bergerak badan, dalam waktu yang singkat harus meningkatkan denyutan jantungnya, katakanlah 70% atau lebih dari perkiraan maksimumnya pada jangka waktu yang singkat untuk mencapai “efek latihan” itu.

Perkiraan denyut jantung maksimum didasarkan pada teori bahwa denyut jantung maksimum seorang bayi yang baru lahir adalah 220 denyut per menit, dan denyut jantung maksimum bagi seseorang menurun satu untuk setiap satu tahun kehidupan. jadi untuk menghitung perkiraan maksimum untuk anda, kurangi angka 220 itu dengan umur anda.

Begini cara hitungnya: Kurangi angka 220 itu dengan umur anda dan kalikan dengan 60 persen dan 80 persen. Contoh, jika umur anda 60: maka 220-60 = 160 (inilah perkiraan denyut jantung maksimum). 160×60% = 96. 160 x 80% = 128. Intensitas yang dianjurkan untuk orang ini ialah menjaga denyut jantungnya antara 96 sampai 128 denyut/detak per menit. Ini disebut “Target Zone” (Wilayah Sasaran). Ambillah pergelangan tangan anda segera setelah selesai olahraga. Hitung itu dalam waktu 30 detik dan kalikan dengan dua. Bila denyutan anda ti bawah “target zone”, lain kali bergerak badanlah dengan lebih giat. Jika di atas “target zone”, gerak badanlah lebih santai. Bila berada di antara target zone, anda telah melakukannya dengan baik.

Anda bisa berolah raga jalan cepat, berenang, bersepeda, lari santai, mendayung, melompat, dll, asalkan itu memenuhi kriteria dari akronim F.I.T. :

  • Frequency (frekwensi): 3-5 kali/minggu
  • Intensity(semangat) : sedang atau bersemangat
  • Time (waktu) : terus menerus 20-30 menit

Kita perlu bergerak badan aerobik 3-5 kali per minggu, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.

~ 5 menit untuk pemanasan, untuk meningkatkan denyut nadi anda secara perlahan untuk mencapai tingkat yang menguntungkan pemanasan; lalu diikuti dengan latihan peregangan otot yang ringan yang akan menolong membuat sendi-sendi lebih lentur dan mencegah nyeri otot nanti.

~ Teruskan dengan 30 menit jalan cepat, untuk meningkatkan denyutan anda sampai mencapai tingkat denyut jantung yang sesuai dengan tujuan pelatihan, akhiri itu dengan 5 menit latihan pendinginan, untuk mengurangi denyut nadi anda secara perlahan-lahan dan aman.

Jika denyut nadi anda setelah 3 menit jalan cepat, berada di antara 120-150 per menit, itu sudah cukup bagi anda mendapatkan manfaat aerobik ini. Ini berarti anda sudah bergerak badan secukupnya untuk meningkatkan kesanggupan dan efisiensi sistim jantung anda dalam mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh.

Gerak badan manakah yang terbaik?

Banyak orang memilih jalan kaki daripada lari santai. 48% dari mereka yang lari santai atau lari biasa sampai 30 km per minggu merasakan kesakitan pada sendi-sendi dan/atau otot mereka. jalan cepatlah yang rasa nyerinya paling sedikit. Itu membuat semua otot dan sistim tubuh bekerja. Sangat melegakan, dan penelitian menunjukkan bahwa manusia dirancang untuk berjalan. Karena itu jalan cepat adalah gerak badan yang paling aman dan terbaik yang bisa anda lakukan. Itu bisa dilakukan setiap saat dan dimanapun. Itu tidak mahal, clan tidak membutuhkan peralatan.

Dr.Kenneth Cooper, sesepuh dari gerakan kebugaran, didukung oleh para peneliti lain-nya, sependapat bahwa tubuh ini tampaknya memberikan tanggapan yang baik atas gerak badan aerobik empat atau lima hari per minggu dengan lama waktu gerak badan 20-30 menit. Kebanyakan dari manfaat psikologis, pemafasan-jantung dan manfaat penyakit jantung dari kegiatan fisik ini tampak terpengaruh oleh gerak badan seperti ini.

Dr. Lynn Fitzgerald, seorang ahli kekebalan tubuh pada Rumah Sakit George di London dan juga juara dunia 200 km wanita, menguji darah para pelari setelah pertandingan 100 km dan menemukan tingkat antibody mereka rendah. Bahkan sangat rendah dibandingkan sebelum pertandingan. Tampaknya bahwa T-sel (antibody) tertekan oleh tingginya kadar adrenalin dan kortikosteroid (hormon stress) yang dihasilkan oleh latihan gerak badan itu. Sementara gerak badan yang secukupnya (sedang) meningkatkan sistim kekebalan, terlalu banyak gerak badan melemahkan tubuh.

Suatu penelitian diadakan di Sekolah Kedokteran Universitas Loma Linda menemukan bahwa gerak badan membantu mengurangi serum kolesterol pada sekelompok mahasiswa, tetapi jika mereka tidak menyukai gerak badan, pengaruh merendahkan kolesterol oleh gerak badan itu tidak terjadi.

Bagaimana mengukur kebugaran kita?

Berbagai cara mengukur kebugaran yang bisa kita gunakan. Misalnya:

KEKUATAN – Otot yang kuat bisa berbuat lebih banyak daripada otot yang lemah.

KELENTURAN – Luas gerakan (kelenturan) membantu mencegah serangan rasa sakit karena umur dan tidak robek atau retak bila jatuh atau terputar (terpelintir)

KETAHANAN – Sesuai keadaan, kekuatan otot dan sistim penyaluran oksigen meningkat lebih baik, sel-sel kita menerima lebih banyak zat gizi untuk menghasilkan tenaga sehingga anda bertahan lama, bisa bersaing dengan anak-anak, dan menikmati kegiatan mendaki gunung walaupun diumur delapan puluhan atau sembilan puluhan. JANTUNG – Kebugaran jantung maksudnya ialah kesanggupan jantung memompa lebih banyak darah yang mengandung oksigen ke otot-otot tanpa membuat jantung tegang.

Tidak ada waktu dalam satu hari yang lebih baik dari waktu yang lain untuk bergerak badan. Itu semua bergantung pada kebutuhan anda secara pribadi. Ada orang yang senang bergerak badan sore hari karena mereka tidak bisa bangun terlalu pagi. Yang lain inemilih pagi hari karena udara bersih, atau lebih aman, atau mereka tidak terlalu lelah. Biasanya anda bisa membuat waktu yang lebih baik pada pagi hari dari pada sore hari oleh karena tubuh anda tidak capek dan masih kurang makanan yang ada di perut anda. Para pelari di pagi hari lebih sedikit mengalami masalah stres daripada pelari sore hari. Kendatipun, kapan saja lebih baik daripada tidak ada waktu! Adalah bermanfaar berjalan kaki sesudah makan tetapi tidak dianjurkan berlari paling sedikit dua jam setelah makan. Gerak badan yang berat tidak dianjurkan beberapa saat sebelum tidur karena pengaruh panas bisa mengganggu tidur anda.

Pastikan bahwa anda minum cukup banyak air sebelum dan selama anda bergerak badan rasa haus bukanlah pertanda yang dapat dipercaya bagi kebutuhan tubuh anda. Penelitian menyatakan bahwa anda harus minum sepertiga lebih banyak dari yang anda rasakan pada waktu anda haus.

dikatakan: “Latihan badani terbatas gunanya …”  tidak meremehkan kebugaran jasmani. Ini secara sederhana, tetapi sangat perlu, menempatkan kebugaran jasmani ke dalam hubungan yang tepat dengan kebugaran rohani. Kebugaran jasmani berada tidak lebih penting dari kebugaran rohani. Tetapi bilamana sebagian dari tubuh menderita maka yang lainpun demikian. Pada waktu tubuh jasmani ini bertumbuh menjadi lebih sehat demikian juga kehidupan rohani- jika itu menempatkan perhatian yang selayaknya.

“Gerak badan pagi hari, berjalan di tengah-tengah pepohonan dan udara yang menyegarkan, atau bunga-bunga yang mekar, buah-buahan kecil dan sayur-sayuran, perlu untuk peredaran darah yang menyehatkan. Itulah pengaman yang pasti melawan flu, batuk, radang, ratusan penyakit lainnya.”  Sekaranglah waktunya mengenakan sepatu dan pergi berjalan!

Minuman

yang

Menyehatkan

Biasanya, 70% berat manusia adalah berat karena air. Jadi, pada seorang yang beratnya 90 kg, di tubuhnya terdapat 63 kg air. Air sangat perlu untuk setiap bagian tubuh. Hampir semua sel dan jaringan bukan hanya mengandung air tetapi masing-masing secara terus menerus diliputi oleh cairan. Tiap sel tubuh membutuhkan air untuk melaksanakan fungsinya. Tidak ada pengganti dari jenis minuman lain yang memberikan pengaruh yang sama seperti segelas air yang dingin dan bersih.

APAKAH BEBERAPA PENGGANTI YANG POPULER YANG KITA MINUM MENGGANTIKAN AIR DI SATU GELAS YANG BESAR?

  • Sirup atau minuman ringan yang mengandung gula yang banyak
  • Minuman yang mengandung kafein sebagai perangsang
  • Cola Cola (40 mg kafein) Pepsi Cola (36 mg kafein) Tea (100 mg kafein) Kopi (120 mg kafein)
  • Kopi “Tanpa Kafein” (18 mg kafein)

Alkohol dengan pengaruhnya yang singkat untuk memberikan perangsaan yang “enak”, sebenarnya memberikan pengaruh yang “memblokir” otak bagian depan, yang mengendalikan otak, kuasa berpikir, ingatan, dan pertimbangan.  Pengaruh jangka panjangnya ialah kerusakan otak yang tidak dapat diganti, radang/kanker hati, pankreas, dll. Pengaruh sosialnya ialah ketidaksanggupan untuk memelihara hubungan yang intim, terisolasi secara sosial, perubahan terhadap sahabat dan pola hidup, dan kehilangan semangat hidup. Sindrom (geiala) alkohol pada janin yang mengakibatkan kelainan fisik dan mental pada masa pertumbuhon janin disebabkan ibu yang minum minuman keras selama mosa kehamilan.

Tanpa air dalam tubuh, anda tidak bisa menelan. Anda tidak bisa menggunakan oksigen yang anda hirup karena paru-paru perlu dibasahi agar oksigen bisa melewatinya menuju ke saluran darah. Kita akan sulit berbicara dengan lidah kita dan otot pipi kita tidak bisa secara sempurna bergerak seperlunya untuk membentuk kato-kata. Penglihatan kita akan berpengaruh jika sesuatu mengganggu produksi “air mata” atau selaput air yang melapisi mata jika kita berkedip. Tanpa pembasahan ini, mata kita akan kering dan meradang, sangat sakit, sulit membukanya dan akhirnya penglihatan kita akan hilang.

BERAPA BANYAK AIR YANG KITA BUTUHKAN?

Pengeluaran air dari tubuh kita haruslah seimbang dengan pemasukan air.

Pengeluaran             Gelas/ hari

Ginjal                         5 1/2

Kulit                           2

Paru-Paru                    1

Kotoran                       1 ½

————-

10

Perlukah kita minum sebanyak itu untuk mengimbangi pengeluaran air itu? Tidak. Tubuh membakar dan memproses makanan untuk memberikan tenaga dan air adalah salah satu yang dihasilkannya.

BERIKUT INI ADALAH JUMLAH AIR YANG DIPEROLEH DARI PROSES METABOLISME TUBUH.

Permasukan                                                 Gelas/hari

Air pada makanan yang dimakan                     3′ /2

Air dari makanan yang diproses tubuh            1

Air yang diminum                                           5 1/2

——————

10

Tubuh anda memproses persediaan sampai 4 ½ gelas air, jadi anda perlu minum 5 ½ gels air setiap hari. Namun seorang yang aktif bisa minum lebih banyak untuk mengganti yang hilang melalui keringat atau pada waktu udara pangs. Pedoman yang sangat praktis untuk minum air ialah meminum air seponjang hari, sampai air seni yang keluar jernih atau berwarna kuning yang sangat pucat.

Terlalu sedikit air mengakibatkan dehidrasi. Terlalu banyak air akan menyebabkan berkurangnya konsentrasi serum sodium (Dilusi hyponotremia). Orang akan menjadi sangat malas/lesu karena delusi hyponotremia ini. Karena itu penting untuk bertarak walaupun dalam hal meminum air.

PENGGUNAAN AIR :

l. Mengendalikan suhu badan. Air memungkinkan tubuh mendinginkan dirinya sendiri melalui penguapan pada kulit- keringat, sehingga mencegah bahaya panas dalam.

2. Sebagai pelumas. Air liur membasahi makanan yang kita makan, membantu kila mengunyah dan menelan. Jika permukaan mata anda tidak disirami dengan cairan, ia akan kering dan meradang.

3. Mengurangi dehidrosi. Air menyirami sel darah secora terus menerus.

4. Mengurangi stress pada sistim sirkulasi (peredaran) dengan menjaga darah dalam keadaan yang tetap seperti biasanya.

5. Kotoran tubuh keluar melalui air kencing, keringat, dll.

6. Air perlu untuk keseimbangan elektrolit di dalam darah kita.

Berikut ini resep dalam menggunakan air.

  • Minum 2 gelas sesaat setelah bangun pagi
  • Minum 2-3 gelas antara sarapan pagi dan makan siang
  • Minum 2-3 gelas antara makan siang dan makan malam
  • Minum 1-2 jam setelah makan dan 10-15 menit sebelum waktu makan
  • Hindari minum air, terutama yang dingin, sementara makan
  • Minuman hangat harus digunakan dengan hati-hati

Diujung bagian bawah perut anda terdapat katup pyloric. Sebenarnya itu bukan katup tetapi otot yang berkontraksi. Jika anda minum air sementara makan, itu mengeluarkan cairan gastrik/perut yang memperlambat pencernaan. Kemudian makanan keluar dari perut, melewati katup pyloric masuk ke dalam usus besar sebelum kegiatan cairan perut itu selesai. Oleh karena enzim perut terus mencerna hanya dengan media asam, kegiatannya perlahan-lahan berhenti setelah memasuki usus kecil di mana koneksi alkalin terjadi.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimum, penting juga menghindari cairan yang dingin dan yang panas. Para ahli kimia menekankan bahwa enzim yang terlibat dalam proses pencernaan berfungsi secara maksimal pada suhu badan yang normal. Setiap suhu yang di atas atau di bawah ini akan mengakibatkan berkurangnya kadar pencernaan. Juga diketahui bahwa keluarnya air liur dan cairan yang berlebihan memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk pencernaan.

Perawatan dengan Air atau Hidroterapi

Air baik juga untuk digunakan bagi tubuh sebelah luar. Hidroterapi atau perawatan dengan air adalah satu alat dari Allah yang paling bermanfaat dalam merangsang dan mengatur kegiatan tubuh tanpa mengakibatkan pengaruh yang tidak diperlukan. Hidroteropi mempercepat bukannya menghalangi mekanisme pertahanan alamiah dari tubuh. Jika dilakukan dengan benar. hodroterapi akan membantu tubuh untuk membuang infeksi dan mengurangi pengaruh infeksi tersebut dan menyembuhkan beberapa gejala penyakit.

HASIL-GUNA DARI HIDROTERAPI

Bogian tubuh yang menjadi tempat perawatan hidroterapi ialah kulit, oleh karena di situ terdapat saluran-saluran darah dan saraf yang berhubungan dengan saraf dan saluran darah ke organ-organ tubuh bagian dalam. Penerapan suhu dan mekanis dari air ke kulit menyebabkan gerakan yang berkesinambungan atau mengalirnya darah. Rangsangan sistim saraf ini bisa mempengaruhi hampir semua bagian tubuh.

MANFAAT HIDROTERAPI

  • Sirkulasi dipercepat sampai 400%
  • Sirkulasi darah diperbaiki
  • Bertambahnya sel darah merah
  • Bertambahnya sel darah putih
  • Bertambahnya hemoglobin
  • Bertambaohnya pengoksidasian darah yang menolong PH darah itu imbang, sehingga membakar sisa-sisa makanan dengan balk.
  • Memulihkan kelelahan otot
  • Membantu pencernaan
  • Memulihkan sumbatan-sumbatan
  • Mengurangi radang
  • Alat stimulasi dan penenang
  • Menyenangkan dan murah

*** CARA PERAWATAN HIDROTERAPI:

Ada dua kelas umum yang menghasilkan pengaruh pada tubuh oleh hidrolerapi ini:

1. Memberikan rangsangan dan sebagai obat kuat

2. Menekan dan meredakan

Pengaruh merangsang dan sebagai obat kuat keduanya berhubungan dengan meningkatnya aktifitas yang sangat perlu. Kedua hal ini sama, tetapi berbeda dalam derajatnya. Pengaruh stimulan ini lebih besar dari obat kuat. Suatu perawatan yang singkat dan kuat akan merangsang sedangkan yang kurang kuat dan lebih lama bisa memberikan pengaruh sebagai obat kuat. Di lain pihak, pengaruh sebagai penekan dan pereda adalah berkurangnya kegiatan tetopi juga bisa membuat bertambahnya kegiatan.

****** HIDROTERAPI SETIAP HARI

Hidroteropi yang digunakan secara teratur bisa menolong sistim kekebalan seseorang don penolakon yang kuat terhadop penyakitnyo. Mandi dengan siraman pancuran atas adalah yang paling ampuh dan terbaik dari semua cara obat kuat lainnya. Mulailah mandi-sirom ands dengan suhu sedang/netral (kira-kira 36 derajat celsius). Setelah mandi, tingkotkon suhu panas yang anda bisa teleransi sekitor 48-50 derajat Celsius untuk 1-2 menit. Lulu kurangi suhu sampai dingin (16-18 derajat Celsius ) untuk 20-40 detik. Gosoklah dengan cepat bodan anda dengan handuk don keringkon. Perawatan yang merangsang ini bukan hanya menyegarkan anda tetapi menolong anda tetap kuat sepanjang hari.

Hidroteropi juga bermanfaat dilakukan malam hari sebelum tidur. Jika anda ingin santai dan nyaman, mandilah dengan air suam-suam kuku. Suhu air suam kuku ini ialah angak hangat, jangan panas! Itu membuat nyaman dan menurunkan suhu badan. Itu menolong membuat suhu badan anda turun sedikit sebelum anda pergi tidur.

Air adalah salah satu berkat surgawi yang nyata karena itu memang berasal dari atas! Kita tahu betapa pentingnya minum air secukupnya dan juga betapa itu sangat menolong untuk digunakan di tubuh sebelah luar juga. Air murni tidak mengandung kalori, tanpa vitamin atou mineral, jadi itu bukanlah zat bergizi, tetapi sangat penting untuk hidup. Kita bersyukur kepada Allah atas pemberian air yang sangat mudah dan berlimpah yang ia sediakan bagi kita untuk kita gunakan setiap hari.

LINGKUNGAN YANG SEHAT.

Telah kita ketahui bahwa makanan yang sehat, penggunaan air secukupnya sangat perlu untuk kesehatan tetapi kita juga perlu hidup dalam suatu lingkungan yang bersih, dengan mendapatkan sinar matahari yang tepat serta udara bersih, bebas dari bahwa kimia beracun, debu, asap dan uap yang berbahaya setiap hari. 

 

Sinar Matahari memberikan pertumbuhan dan tenaga bagi semua mahkluk hidup. Apakah manfaat sinar matahari  bagi kesehatan kita manusia ?

1. Sinar matahari menghasilkan vitamin D. Sejumlah besar simpanan kolesterol terdapat di bawah kulit. Pada waktu berkas sinar ultraviolet disaring di kulit, ia mengubah simpanan kolesterol ini menjadi vitamin D. Menghadapkan sebagian dari tubuh ke sinar motahari selama 5 menit memberikan 400 unit vitamin D. (Manusia membutuhkan 400 unit perhari menurut RDA USA).

2. Sinar Matahari mengurangi kolesterol darah. Dengan mengubah kolesterol di bahwa kulit menjadi vitamin D, menyebabkan tubuh memberikan peringatan kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit, sehingga mengurangi kolesterol dalam darah.

3. Sinar Matahari mengurangi gula darah. Cahaya matahari bagaikan insulin oleh memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Ini merangsang tubuh untuk mengubah gula darah (glukosa) menjadi gula yang tersimpan (glykogen), yang tersimpan di hati don otot, sehingga menurunkan gula darah.

4. Sinar Matahari ialah penawar infeksi dan pembunuh bakteri. Matahari sanggup membunuh bakteri penyakit, virus dan jamur. Itu berguna untuk perawatan tuberkulosis (tbc), erisipelas, keracunan darah, peritonitis, pnemonia, mumps, asma saluran pernafasan. Bahkan beberapa dari virus penyebab kanker dibinasakan oleh sinar ultraviolet. Infeksi jamur, termasuk candida, bereaksi terhadap sinar matahari. Bakteri di udara dibinasakan dalam 10 menit oleh sinar ultraviolet.

5. Sinar Matahari meningkatkan kebugaran pernafasan. Sinar matahad bisa meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. Ini berarti banyak oksigen tersedia untuk dibawa ke otot-otot sewaktu gerak badan. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan kebugaran pernafasan ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur mataharii.

6. Sinar Matahari menolong dalam membentuk dan memperbaiki tulang-tulang. Dengan bertambahnya tingkat vitamin D dalam tubuh karena terkena sinar matahari, bisa meningkatkan penyerapan kalsium. Ini menolong pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakitis dan osteomalacia (pelembutan tulang tidak normal).

7. Sinar Matahari meningkatkan beberapa jenis kekebalan. Sinar matahari menambah sel darah putih terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Antibodi (gamma globulins) bertambah. Pengaruh ini bertahan sampai 3 minggu. Nitrofil membunuh kuman-kuman lebih cepat setelah pernafasan dengan sinar matahari. Sepuluh menit di.bawah sinar ultraviolet satu atau dua kali setiap minggu mengurangi flu 30-40 persen.

Ya, sinar matahari sesungguhnya bermanfaat bagi kita. Yang terbaik bila anda disinari cahaya matahari sebelum pukul 9 :00 pagi dan setelah pukul 4:00 sore. Pada waktu mana anda tidak mendapatkan sinar pendek. Namun,perlu berhati-hati. Sinar matahari bisa juga berbahaya. Terlalu lama di bawah sinar bisa menyebabkan hal-hal berikut:

1. Sinar Matahari membuat kulit terbakar. Terlalu banyak mendapat sinar matahari, walaupun pada hari berawan bisa menyebakan kulit anda terbakar (awan bisa menyaring banyak berkas cahaya yang kelihatan dan inframerah, namun 80% radiasi ultraviolet bisa menembusi awan itu). UV-B adalah bagian dari spektrum ultraviolet yang membakar kulit dan hanyo 0,2 persen dari tenaga radiasi ini sampai ke permukaan bumi. Angin sepoi-sepoi bisa menombah bahaya itu.

2. Sinar Matahari bisa meningkatkan resiko kanker kulit. Kebanyakan sinar matahari dengan tingginya trigliserid darah adalah faktor yang paling besar terjadinya kanker kulit.

3. Sinar Matahari mempercepat proses penuaan

Z.R. Kime dalam “Sunlight Could Save Your Life”, menyatakan bahwa bertambahnya penggunaan minyak sayur olahan (poliunsaturated), menyebabkan bertambahnya kehadiran “radikal bebas” pada kulit. Radikal bebas ini adalah bagian dari molekul (yang terpecah-pecah) dengan kecenderungan menyebabkan kerusakan jaringan lapisan kulit paling luar, penyebab utama penuaan dini – keriput kulit. Seorang ilmuwan menutup setengah dari piring batu dengan bakteri yang tumbuh di situ, dan setengah lainnya disinari matahari secara langsung. Bagian piring yang tertutup penuh dengan bakteri, tetapi tidak ada yang tumbuh di setengah piring yang mendapat sinar matahari. Semua bakteri telah terbunuh. Jika kita membuka lebar tirai dan jendela kita agar sinar matahari masuk ke kamar-kamar kita, setelah satu jangka waktu, sinar matahari ini akan membunuh bakteri yang berada di debu jendela dan lantai, sehinggo membuat rumah itu menjadi tempat yang lebih sehat untuk didiami.

UDARA perlu untuk hidup. Manusia bisa hidup tanpa makanan untuk 7 minggu, tanpa air untuk 7 hari dan tanpa udara hanya untuk 7 menit. Paru-paru terus memproses udara, menghirup dan menghembuskannya sekitar 20.000 liter udara perhari. Sementara udara dihirup masuk kedalam paru-paru, pergantian oksigen dan karbondioksida terjadi di jutaan alveoli, suatu kantong udara seperti karet. Alveoli ini dilapisi di dalam satu jaringan kapileri (pembuluh halus) yang mengandung darah. Pergantian oksigen dan karbondioksida rampung dalam waktu mili detik, dan suatu putaran darah yang selengkapnya di seluruh tubuh membutuhkan sekitar satu menit.

Polusi udara dari cerobong asap mobil, truk dan pesawat udara, industri berat dan beberapa jenis pabrik tenaga listrik secara perlahan-lahan mencemari kualitas udara. Tetapi sumber polusi lain yang telah menjadi masalah kesehatan umum yang paling serius iolah MEROKOK.

Masalah bagi perokok aktif sering kali disebut pengaruh “ABC”. Diantaranya ialah:

A -Aterosklerosis (pengerason arteri/urat nadi besor)

B – Bronkitis (batuk perokok) – bronkifis kronis/menahun dengan batuk kronis, dispnea, meludah dahak dan lendir sampai kepada emphisima (pembengkakan paru).

C – Cancer (kanker)

30% dari semua kemotian karena kanker terkait dengan mengisap rokok.

Merokok penyebab utama kanker:

  • Paru, trachea dan bronkus 90%
  • Larynx (kantong suara) 84%
  • Rongga mulut (bibir, lidah, tenggorokon) 92%
  • Esofagus 78%
  • Pankreas 29%
  • Bladder (kandung kemih) 47%
  • Ginjal 48%

Masalah bagi perokok pasif menjadi keprihatinan dari Asosiosi Jantung Amerika. Mereka menerbitkan suatu makalah ilmiah yang memperkirakan bahwa mereka yang terkena perokok pasif meningkat resiko kematian karena penyakit jantung sampoi 30% dan menyebabkan sampai 40.000 kematian per tahun. Bahaya lain dari perokok yang tidak sengaja ini ialah mata pedih, batuk, sakit kepala, radang hidung, memperburuk asma dan alergi pernafasan, penyakit penyempitan saluran udara. Terdapat 30% resiko kanker paru. Anak-anak teridap bronkitis (penyakit saluran pernafasan) dan pnemonia (radang paru).

Ya, merokok telah menjadi masalah kesehatan umum karena itu bukan hanya membahayakan para perokok tetapi mencemari udara dari mereka yang tidak merokok. Kita perlu bernafas dengan udara bersih, jemih, dan segar.

Kualitas Udara menghasilkan kesehatan tubuh yang baik. Dimana kita bisa memperolehnya? Udara yang paling menyehatkan berasal dari lokasi disekitar pepohonan atau tumbuhan hijau atau ditepi laut. Sebelumnya, dianggap bahwa udara yang baik berarti oksigen yang bersih dan mencair. Sekarang semakin nyata bahwa udara yang paling baik harus mengandung oksigen elektris yang dihasilkan oleh pohon atau tumbuhan yang mengapung di laut, yang menyediakan hampir 90% oksigen di atmosfir kita, sedangkan yang sisanya berasal dari tumbuhan di darat.

Kita merasa segar jika mendekati air terjun atau laut. Di pegunungan dimana terdapat dengan limpah udara dengan ion negatif, daerah wisata dan liburan. Disayangkan, polusi udara dan asap mengurangi jumlah ion negatif yang terdapat di udara yang kita hirup. Ion negatif di udara dalam suatu ruangan dengan cepat hilang oleh serapan perabot besi dan plastik, pakaian sintetis, misalnya, polyester don saluran alat penyejuk udara (AC). Barang-barang listrik menghasilkan ion positif.

Itu sebabnya, perlu usaha untuk menghirup udara berlistrik yang alami, contohnyo, gerak badan pagi hari di udara terbuka, sehingga memberikan vitalitas ke dalam darah dan sistim saraf, yang tidak bisa dicapai di tempat pengap, perputaran udara di ruangan berasap rokok, kantor yang padat dan pabrik yang ribut.

Bila memungkinkan, sistim penyejuk udara bisa memperoleh sedikitnyo 10% udara yang masuk ke alat itu agar menghasilkan kesegaran. Hal ini akan meningkatkan kesiagaan dan kreatifitas para penghuni. Kewaspadaan lain ialah agar pohon-pohon jangan sembarangan ditebang, karena kita berutang pada pohon-pohon ini untuk memberitakan vitalitas bagi udara.

Pengaruh psikologis tampak jika polusi udara menghambat oksigen yang penting itu memasuki tubuh. Sel-sel yang mudah sekali terpengaruh oleh kurangnyo oksigen ialah sel-sel otak, khususnya di pusat-pusat yang lebih tinggi yang berhubungan dengan pikiran, kemauan, pertimbangan dan emosi. Orang yang perilakunya tinggi tanpa cukup oksigen sering kebingungan, canggung dan mudah tersinggung. Bahkan tinggal di rumah yang ventilasinya buruk bisa menyebabkan pikiran menjadi tidak berdaya guna.

Cara satu-satunya seorang bisa mendapatkan oksigen ialah melalui menghirup udara. Banyak orang yang tidak memanfaatkan sebaik-baiknya kemampuan alami dari paru-paru mereka. Mereka bernafas dangkal , dengan hanya menggunakan bagian atas dari paru-parunya. Belajar bernalas dengan perut (diagfragma) dan dengan sikap tubuh yang baik adolah dua kunci utama untuk bernafas dengan baik.

Latihan Bernafas dengan Diafragma:

1. Sementara berdlri, acungkan tangan anda ke atas melawati kepala anda

2. Bernafaslah dengan perlahan, mulut ditutup. Biasanya tulang rusuk bagian bawah akan melebar.

3. Lebarkan dada sejauh mungkin sementara menarik nafas. Pada puncak tarikan nafas, sekali lagi menghirup udara.

4. Dengan mulut terbuka, biarkan semua udara keluar sementara dengan perlahan-lahan membungkuk. Batuklah untuk mengeluarkan udara yang terakhir.

5. Ulangi 5 sampai 10 kali tiap pagi.

Sambil mengubah pola hidup anda, berjemurlah secukupnya dibawah sinar matahari dan hiruplah udara yang segar agar anda memiliki hidup yang sehat.

Istirahat yang Sehat

Dalam satu hari, jantung kita berdetak sebanyak 100.000 kali, darah kita mengalir melalui 17 juta mil arteri, urat darah halus dan juga pembuluh-pembuluh darah. Kita berbicara sebanyak 4.000 kata, bernafas sebanyak 20.000 kali, menggerakkan otot-otot besar sebanyak 750 kali, dan mengoperasikan 14 milyar sel otak. Manusia membutuhkan istirahat.

Istirahat yang besar membawa pemulihan, dan penambahan kekuatan setelah digunakan. Tidur merupakan faktor penting dalam istirahat, dimana selama tidur semua fungsi-fungsi tubuh terisi diperbaharui lagi. Istirahat tidak hanya mercakup tidur, tetapi juga bersantai, perubahan dalam aktifitas, menghilangkan segala tekanan-tekanan kerja atau maasalah-masalah lainnya. Berjalan di udara segar, bermain tenis, menjernihkan pikiran, semuanya dapat menenangkan otot-otot. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh seseorang pada saat ini sangat melelahkan, umat manusia berjuang/berusaha keras untuk bekerja. Kita semua membutuhkan istirahat untuk melawan segala kepenatan.

Studi menunjukkan dimana setelah kita bangun dari tidur yang cukup, otak kita kembali berfungsi dengan sangat baik. Pencapaian persetujuan, pengertian /pemahaman segala jenis masalah biasanya dapat diselesaikan dengan sukses apabila dilakukan pada pagi hari dibanding pada di waktu malam hari. Pertumbuhan hormon penting untuk meningkatkan kualitas, ukuran dan efisiensi otak, juga meningkatkan pengangkutan asam amino dari darah ke otak, yang memungkinkan sel urat syaraf untuk dapat memiliki pengetahuan yang permanen dan berguna. Kebanyakan dari pertumbuhan hormon diproduksi pada saat kita itdur dengan tenang (tanpa beban)

Salah satu hormon yang penting lainnya adolah Kortisol, dimana waktu produksi terfingginya adalah dari waktu tengah malam hingga di waktu pagi (pagi-pagi sekali). Kortisol memainkan peranan yang besar dalam membantu kita menghadapi stress/tekanan yang kita hadapi setiap hari, mengurangi rasa penat dan peradangan. Bila manusia tidur terlambat, mereka membatasi kemampuan tubuh untuk menangani segala kegiatan dan mengurangi tenaga dan vitalitas pada keesokan harinya.

** Physiologi dari Istirahat**

Tubuh manusia telah diatur sedemikian rupa dimana setiap organnya memiliki waktu untuk beristirahat dan pemulihan. Pada saat tidur, semua otot berisfirahat dan sistem saraf kita dibebaskan dari segala ketegangan, kekerasan yang sering terjadi tiap-tiap hari. Inilah saatnya dimana tubuh memperbaiki dirinya. Penelitian tentang tidur telah menunjukkan bahwa tidur tidak saja merupakan satu keadaan tidak sadar; tetapi sesungguhnya mengandung 2 jenis tidur yang berbeda:

1. Non-Rem Sleep (NREM): tidur dimana mata tidak bergerak dengan cepat.

2. REM Sleep: Tidur dimana mata bergerak dengan – cepat waktu mimpi.

Tahap 2 ini timbul dengan pola siklus yang teratur , ditandai oleh variasi kelelapan tidur dan variasi gelombang otak gerakan mata dan otot.

Cara tidur NREM memberikan pemulihan dan ketenangan secara keseluruhan pada tubuh dan otot-otot. Suhu tubuh dan tekanan darah menurun. Nafas menjadi teratur dan lambat. Permulaan tidur (tingkat 1) merupakan saat-saat mengantuk, dan akfifitas/kegiatan otak sama seperti yang terlihat pada orang yang tidak sedang tidur.

Tingkat 1 merupakan tingkat yang sangat tenang dan seperti bermimpi, tetapi anda masih sadar akan keadaan sekeliling anda. Sementara otot-otot terasa tenang, seringkali otot-otot tersebut menyentak dan bergerak secara refleks. Beberapa orang terbangun dengan hentakan yang keras. Keadaan ini disebut “myoclonic jerk” dan ini sama sekali tdak menyakitkan.

Ketika tidur secara berangsur menuju pada tahap yang ke II, perubahan pada gelombang otak dapat terlihat, dimana gelombang tersebut menjadi lebih lambat.

Tahap ke II dan III adalah tahapan yang menuju pada tingkat tidur yang sesungguhnya. Anda tidak akan sadar terhadap sekeliling anda – tetapi dapat terbangun dengan mudah. Kira-kira 40 menit setelah tahap I anda akan memasuki tahap ke IV, tahap dimana keadaan tidur yang sangat sulit/sukar untuk bangun. Tahap ini adalah tahap pemulihan, penenangan dan tahap beristirahatnya fisik tubuh. Tahap IV ini bertanggung jawab pada setiap kegiatan buruk tidur yang bisa saja terjadi; dalam tahap ini bisa saja orang mendengkur, anak-anak mengompol dan tidur sambil berjalan.

Pada akhir 90 menit dari tidur secara total, anda akhirnya kembali pada tahap tidur yang lebih ringan yaitu tahap I. Tetapi gantinya memasuki tahap I kembali, anda memasuki tahap REM (Tidur mimpi). Ciri-ciri dari REM termasuk sentakan otot, penenangan, tekanan darah dan tidak teraturnya urat nadi. Seluruh siklus ini berulang 4 sampai 6 kali dalam satu malam. Setiap orang bermimpi pada keadaan tidur REM, walaupun mimpinya itu tidak dapat diingat. Sama seperti pada tahap IV dimana tidur dapat menenangkan anda secara fisik, maka tidur REM menenangkan anda secara mental dan sangat penting untuk belajar dan menghapal. Jadi, tidur yang cukup pada saat pengambilan keputusan atau masalah penting bisa menjadi suatu hal yang sangat baik.

Kekurangan REM lebih menjengkelkan dan tidak menenenangkan daripada kekurangan NREM. N. R. Culler don H B Cohen, dalam “The Effect of One Night’s Sleep Loss on Moods and Memory in Normal Subjects,” mengidentifikasikan bahwa studi yang dilakukan pada orang-orang yang kehilangan tidur mengakibatkan orang tersebut menjadi kurang dapat berintegrasi dengan baik dan kurang efekfif. Mereka menunjukkan tanda-tanda kebingungan, curiga dan gampang menyerah. Mereka terlihat khawatir, tak merasa aman dan lekas marah, dan mereka memiliki geiala-gejala peningkatan selera makan dan peningkatan berat badan secara pasti. Kekurangan tidur pada tahap ke IV, juga menyebabkan orang mengalami banyak kerugian. Secara fisik mereka merasa tidak nyaman, cenderung menarik diri dari lingkungan sosial dan teman-temannya, tidak agresif dan tidak ramah, dan menunjukkan adanya keluhan-keluhan fisik dan perasaan. Penelitian menunjukkan bahwa tidur nyenyak lebih penting dari (tidur) bermimpi. Dengan kata lain, kebutuhan tidur nyenyak dpenuhi terlebih dahulu, setelah kebutuhan mimpi dipenuhi. Tubuh mencoba membangun kembali keseimbangan normalnya diantara tahap-tahap tidur tersebut.

Tidur pada siang hari tidak memiliki ritme/irama yang sama dengan tidur di malam hari. REM lebih menonjol selama tidur pagi dan tidur tahap IV (tidur nyenyak) lebih menonjol di malam hari.

Tiap-tiap orang membentuk sendiri pola tidurnya, yang berubah-ubah dari malam ke malam dan juga dipengaruhi oleh emosi dan fisik orang tersebut.

Kesulitan-kesulitan Tidur

Meskipun 7 menit adalah waktu yang biasanya diperlukan bagi seseorang untuk jatuh tertidur, banyak orang menderita karena ketidak mampuannya untuk tidur, atau mereka bisa jadi terbangun di malam hari dan menemui kesulitan untuk kembali tidur. Mereka yang mengalami kesulitan tidur biasanya disebabkan oleh masalah stress, pathophysiology, penyakit psychososial, ketergantungan obat, dan karena proses penuaan.

Hampir semua obat penenang menganggu tidur tahap REM. REM dikurangi dengan anti-depressants, amphetimines dan alkohol. Meskipun alkohol kelihatannya dapat mempercepat permulaan dari tidur, alkohol lebih banyak merugikan pada tidur dikarenakan menekan REM. Kebiasaan menggunakon alkohol mengakibatkan penekanan pada REM lalu mendatangkan pikiran yang tidak waras (mabuk, mengigau). Rintangan normal yang menahan mimpi ke tahap tidur terputus, dan mimpi menjadi terganggu pada tahap sadar yang menyebabkan halusinasi yang mengerikan.

Pil tidur bermanfaat bila digunakan dalam jangka waktu pendek dan terkendali dalam penggunaannya. Tetapi pengaruhnva menurun dengan berlanjutnya penggunaannya dan seperti alkohol dimana mereka tidak dapat memberikan kenyamanan tidur. Pil tidur menjadi pecah dan naik dari tahap ke tahap dan tidak mengikuti irama normal selama 90 menit.

Syarat-syarat Tidur/Keperluan Tidur

Kebutuhan tidur memang bersifat sangat pribadi, dan memang tidak diketahui kenapa. Tidak peduli, jenis kelamin, intelektual, atau jumlah olahraga yang didapat seseorang. Thomas Edison, seorang penemu besar Amerika hanya tidur 4-5 jam setiap malam, sedangkan Albert Eistein, ilmuwan jenius, membutuhkan paling sedkit 9 jam agar dapat bekerja dengan sebaik-baiknya. Seorang bayi yang baru lahir ‘biasanya’ membutuhkan 20 jam sehari; anak berusia 6 tahun membutuhkan 10 jam; anak berusia 12 tahun 9 jam; orang dewasa 7-8 jam (penemuan terbaru tampaknya menuniukkan bahwa 9 jam tidur lebih baik). Tetapi perkiraan ini sangat bervarlasi. Para ahli tidur telah memberikan aturan umum yaitu: Kebutuhan tidur anda dapat terpenuhi jika ands tidak mengantuk/terkantuk pada waktu siang hari dan besar-benar terjaga dan merasa bugar.

Bagaimana Meningkatkan  

Tidur yang Baik

~ Cara terbaik untuk meningkatkan tidur yang baik adalah dengan melakukan olah raga secara teratur. Para atlit dapat tidur lebih nyenyak dibandingkan dengan orang lain.

~ Memiliki waktu yang tetap untuk tidur dan bangun di pagi hari, bahkan di akhir pekan dan waktu libur. Kitalah yang menciptakan /membuat kebiasaan.

~ Aturlah kegiatan-kegiatan/aktivitas sehari-hari secara rutin, termasuk kebiasaan makan.

~ Hindari makan terlalu malam. Sistim pencernaan yang terlalu berat dapat mencegah tidur yang tenang. Biarkan makan terakhir anda lebih ringan dan dilakukan 3-4 jam sebelum anda beristirahat.

~ Hindari alkohol, kopi, teh dan obat-obat lain. Ini dapat menurunkan tingkat REM

~ Akhiri hari anda dengan damai-hindari program-program TV yang menegangkan, bacaan dan argumen-argumen.

~ Lakukan jalan-jalan di waktu senggang, ambil nafas panjang di udara jernih.

~ Lakukan mandi air hangat, bukan air panas.

~ Ruangan tidur haruslah sejuk, penuh dengan udara segar, sehening mungkin. Jika ribut/kegaduhan adalah masalahnya, penyumbat telinga dapat bermanfaat. Penutup mata bisa digunakan untuk menghindari cahaya yang tidak diinginkan.

~ Lakukan latihan-latihan penenangan.Tenangkan pikiran anda. Pikiran yang kacau dan juga kecemasan-kecemasan sepanjang hari sangat sering membuat orang tidak bisa tidur. Sangat baik bila memusatkan pikiran pada satu hal tertentu. Doa dan medtasi pada ayat Kitob Suci dapat memberi anda pikiran yang damai dan juga tidur yang indah.

Tidur adalah suatu pemulih yang besar. Tidur dapat memulihkan sel-sel otot anda, termasuk hati, ginjal, tulang sumsum, perut dan otak anda. Jiko mata kaki anda terkilir, terpotong, atau patah tulang, anda akan merasa lebih cepat sehat apabila anda tidur. Tidur juga mempersiapkan, kecepatan akurasi dan efisiensi secara fisik dan mental. Tidur akan melenyapkan kepenatan dan juga salah satu penyegar otak yang alami. Pada saat seseorang tidur sel kulit terbagi, membuat sel-sel baru 2 kali lebih cepat pada saat seseorang terjaga, sehingga membuat seseorang dapat terlihat muda lebih lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s