yuk mengenal openoffice…mirip MS.word kok.

MENGENAL OPENOFFICE.ORG WRITER

Cukup banyak aplikasi pengolah kata yang dapat kita gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Mulai dari pengolah kata sederhana, hingga pengolah kata yang canggih dan kompleks, baik yang gratis  maupun   yang berbayar.  Dalam  pelajaran ini,  Anda  akan  mempelajari penggunaan OpenOffice.org Writer aplikasi pengolah kata yang dapat Anda gunakan untuk membuat berbagai jenis dokumen secara gratis.  Meskipun OpenOffice.org Writer  merupakan aplikasi  pengolah kata yang bersifat   gratis,   namun   fitur-fiturnya   sangat   lengkap   dan   tidak   kalah   dengan   aplikasi pengolah kata yang komersial. OpenOffice.org Writer akan membantu Anda mengerjakan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pengolahan kata.

Mengidentifikasi Aplikasi Pengolahan Kata

Pengertian Aplikasi Pengolahan Kata

Aplikasi  pengolah kata  (word processor)  adalah perangkat lunak yang dirancang khusus  untuk mengolah kata. Aplikasi pengolah kata merupakan salah satu program yang paling dibutuhkan dan banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang pendidikan, sosial dan ekonomi, keuangan,   pemerintahan,   kesehatan   dan   lain-lain.   Dengan   aplikasi   ini  Anda   dapat membuat berbagai dokumen   seperti   laporan,   proposal,   artikel,  brosur, booklet, karya tulis, surat  menyurat, dan sebagainya.

Macam-Macam Aplikasi Pengolahan Kata

Dewasa ini, ada banyak aplikasi pengolah kata yang dibuat oleh produsen perangkat lunak. Sebagian   aplikasi   pengolah   kata  merupakan   perangkat   lunak   berbayar,   sebagian   lagi merupakan perangkat   lunak yang dapat  Anda gunakan  secara bebas   (gratis).  Beberapa pengolah kata yang terkenal adalah:

● WordStar (WS)

● WordPerfect (WP)

● AmiPro

● Kwrite

● AbiWord

● StarWriter

● OpenOffice.org Writer

● Notepad

● Wordpad

● Microsoft Word

Umumnya,   aplikasi   pengolah   kata   baru   hadir   dengan  membawa   fitur-fitur   baru   untuk mengatasi kekurangan aplikasi pengolah kata sebelumnya. Salah satu aplikasi dengan fitur lengkap   dan   cukup  mudah   digunakan   adalah  OpenOffice.org  Writer.

Mengenal OpenOffice.Org Writer

Karakteristik OpenOffice.Org Writer

OpenOffice.org Writer adalah salah satu program dari  paket  OpenOffice.org yang andal  dan  memiliki   banyak   keunggulan.  Beberapa   keunggulan   yang  membuat   banyak   orang menggunakan OpenOffice.org Writer adalah:

● Free   software,   aplikasi   gratis   yang   dapat   diperoleh   dengan  mendownload   dari Internet, dan bebas digunakan tanpa harus membayar lisensi.

● Format  dokumen yang digunakan adalah Open Document  Format  Text  Document (.ODT)   yang   mampu   membuka   dokumen   lain   dari   aplikasi   AbiWord   dan StarWriter.

● File yang dihasilkan tidak rentan dengan virus, sehingga sangat kecil kemungkinan untuk terserang virus.

● Dapat digunakan untuk membuka file yang dibuat dengan pengolah kata Microsoft Word.

● Tersedia  format  penyimpanan yang kompatibel  dengan pengolah kata Microsoft Word, sehingga hasilnya dapat dibuka menggunakan Microsoft Word.

● OpenOffice.org  Writer   tersedia   untuk   berbagai   platform  sistem  operasi,   seperti Linux dan Windows.

● Tersedia versi portabel untuk Windows, sehingga dapat langsung dijalankan tanpa perlu diinstall ke dalam harddisk.

Mengenal Bagian-bagian OpenOffice.Org Writer

Sebelum lebih jauh menggunakan OpenOffice.org Writer, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu bagian-bagian yang  terdapat  pada  tampilan  lembar  kerja OpenOffice.org Writer beserta fungsinya masing-masing. Dengan begitu, Anda akan memahami gambaran dasar dan  letak sebuah  tool  pada  jendela OpenOffice.org Writer.  Secara umum,  setiap  lembar kerja OpenOffice.org Writer   terdiri  atas Title Bar,  Control  Window,  Menu Bar,  Toolbar Standard, Toolbar Formatting, Horizontal dan Vertical Ruler, Scroll Bar, Toolbar Drawing, dan Status Bar. Penjelasan mengenai masing-masing bagian adalah sebagai berikut.

TITLE BAR

Bagian pertama dari tampilan OpenOffice.org Writer  adalah Title Bar  atau Baris  Judul yang berada pada jendela paling atas. Bagian ini menjadi indikator nama file yang sedang aktif.   Pada   gambar   di bawah,   dokumen   yang   sedang   aktif   adalah  Untitled   1,   sedangkan OpenOffice.org Writer adalah nama program aplikasinya.  Jika Anda membuka dokumen baru  lagi,  secara otomatis  Title Bar  akan menunjukkan nama Untitled2,  Untitled3,  dan seterusnya.

 

CONTROL WINDOWS

Bagian kedua terletak di bagian kanan Title Bar. Bagian ini sering disebut Control Window dan berfungsi untuk mengatur jendela lembar kerja OpenOffice.org Writer. Terdapat tiga jenis ikon yang mempunyai nama dan fungsi yang berbeda, yaitu:

● Minimize, berfungsi untuk memperkecil tampilan layar OpenOffice.org Writer.

● Maximize  dan  Restore,   berfungsi   untuk   memperbesar   tampilan   layar OpenOffice.org  Writer   dan   untuk  mengembalikan   ukuran   tampilan   jendela   ke ukuran semula.

● Close,  berfungsi  untuk menutup seluruh  lembar kerja OpenOffice.org Writer dan keluar dari programnya. Ikon ini sama dengan perintah File → Exit dari menu bar.

MENU BAR

Menu   bar   pada   dasarnya  merupakan   kumpulan   beberapa  menu   utama   yang berfungsi sebagai  perintah untuk mengolah dokumen pada OpenOffice.org Writer.  OpenOffice.org Writer menyediakan sembilan menu yang terdapat pada menu bar. Kesembilan menu yang merupakan menu pull-down tersebut adalah File, Edit, View, Insert, Format, Table, Tools,  Window,  dan Help.  Huruf bergaris bawah pada menu merupakan huruf kunci  (shortkey) yang dapat Anda gunakan bersamaan dengan tombol ALT pada keyboard untuk membuka menu-menu tersebut.  Sebagai contoh, Anda dapat membuka menu Edit dengan menekan tombol ALT + E secara bersamaan.

TOOLBAR STANDAR

Toolbar  adalah  sekumpulan perintah berbentuk gambar  atau  ikon yang dikelompokkan berdasarkan   fungsinya.   Toolbar   Standard   adalah   ikon-ikon   utama   yang   dapat  Anda gunakan untuk membuka, menyimpan, mencetak, menyalin, memotong file atau karakter dalam dokumen OpenOffice.org Writer.

TOOLBAR FORMATTING

Toolbar formatting adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur, memodifikasi atau memformat objek-objek pada dokumen seperti objek gambar, tabel, dan teks. Toolbar Formatting juga dapat Anda gunakan untuk mengganti jenis, ukuran dan warna huruf.

HORIZONTAL RULER

Bagian ini berfungsi untuk mengatur posisi batas kiri dan batas kanan dari sebuah paragraf yang terdapat dalam dokumen OpenOffice.org Writer.

VERTIKAL RULER

Bagian   ini   berfungsi   untuk  mengatur   posisi   batas   atas   dan   batas   bawah   dari   sebuah paragraf yang terdapat dalam dokumen OpenOffice.org Writer.

HORIZONTAL SCROLL BAR

Bagian  ini  digunakan untuk menggeser   jendela  lembar kerja ke kiri  atau ke kanan agar bagian teks yang tidak terlihat karena halaman terlalu lebar menjadi terlihat.

VERTICAL SCROLL BAR

Bagian ini digunakan untuk menggeser jendela lembar kerja ke atas atau ke bawah agar bagian teks yang tak terlihat karena halaman terlalu panjang menjadi terlihat.

TOOLBAR DRAWING

Toolbar  Drawing berisi   ikon-ikon yang dapat  Anda gunakan untuk membuat  dokumen yang disertai gambar, auto shapes dan tulisan yang menarik dengan Font Work Gallery.

STATUS BAR

Status Bar Merupakan bagian yang terletak pada posisi paling bawah dan berfungsi untuk menampilkan informasi halaman, ukuran tampilan, Caps Lock, Num Lock dan sebagainya.

Mengenal Menu Openoffice.Org Writer

Menu File

Menu   File   merupakan   menu   yang   digunakan   untuk   mengelola   dokumen   secara keseluruhan,  misalnya untuk membuka dokumen baru,  menyimpan dokumen,  mencetak dokumen,  dan  sebagainya.  Dalam menu File  terdapat  21  sub menu,  yaitu New,  Open, Recent Documents, Close,  Save,  Save As,  Save All,  Reload,  Version,  Export,  Export As PDF, Send, Properties, Digital Signatures, Templates, Preview in Browser, Page Preview,

Print, Printer Settings, dan Exit.

Perhatikan Gambar Dibawah ini. Gambar tersebut merupakan bagian-bagian dari menu File yang selanjutnya kita sebut sebagai menu utama. Dalam menu utama terdapat sub menu, dan di dalam sub menu masih ada lagi sub sub menu jika tanda panahnya Anda klik. Menu inilah yang disebut sebagai cascading menu.

Menu Edit

Menu Edit merupakan menu yang berhubungan dengan proses pengeditan dokumen yang sifatnya operasional,  misalnya menyalin,  memotong,  mencari  dan mengganti  teks dalam dokumen. Menu Edit terdiri dari 25 sub menu yang meliputi Undo/Can’t Undo, Redo/Can’t Restore,  Repeat  Typing,  Cut,  Copy,  Paste,  Paste Special,  Select  Text,  Selection Mode, Select All, Changes, Compare Document, Find & Replace, Navigator, Auto Text, Exchange Database,  Fileds,  Footnote,   Index Entry,  Bibliography Entry,  Hyperlink,  Links,  Plug-in, Image Map dan Object. Keterangan mengenai nama dan fungsi sub menu dalam menu Edit dapat Anda lihat pada Gambar di bawah ini.

Menu View

Menu View berguna untuk mengatur  tampilan dokumen atau komponen OpenOffice.org Writer. Menu ini terdiri dari 13 Sub menu dan sebuah cascading menu, yaitu Toolbars. Sub menu dalam menu View adalah Print  Layout,  Web Layout,  Toolbars,  Status  Bar,   Input Method   Status,   Ruler,   Text   Boundaries,   Filed   Shadings,   Field   Names,   Nonprinting Characters, Hidden Paragraphs, Full Screen dan Zoom.

Menu Insert

Menu Insert berguna untuk menyisipkan suatu objek atau unsur tertentu ke dalam sebuah dokumen. Objek yang biasanya disisipkan adalah gambar, frame, tabel, hyperlink, karakter khusus,  animasi,  audio dan video,   serta beberapa  jenis  objek  lainnya.  Terdapat  24  sub menu dalam menu Insert, yaitu Manual Break, Fields, Special Character, Formatting Mark, Section, Hyperlink, Header, Footer, Footnote, Caption, Bookmark, Cross-reference, Note, Script, Indexes and Tables, Envelope, Frame, Table, Horizontal Ruler, Picture, Movie and Sound,  Object,  Floating Frame,  dan File.  Dalam menu  Insert   juga  terdapat  7 cascading menu,  yaitu Fields,  Formatting Mark,  Header,  Footer,   Indexes  and Tables,  Picture dan Object.

Menu Format

Menu Format adalah menu yang disediakan oleh OpenOffice.org Writer untuk mengatur format   teks,  paragraf,  atau dokumen.  Menu  ini   terdiri  dari  19 sub menu yang masing masing memiliki   fungsi  berbeda dalam hal  pemformatan dokumen.  Sub menu  tersebut antara   lain  Default   Formatting,   Character,   Paragraphs,   Bullet   and  Numbering,   Page, Change   Case,   Column,   Section,   Style   and   Formatting,  AutoFormat,  Anchor,  Wrap, Alignment,  Arrange,  Flip,  Group,  Object,  Frame dan Picture.  Di  dalam menu  ini   juga terdapat  9 cascading menu,  yaitu  sub menu Change Case,  AutoFormat,  Anchor,  Wrap, Alignment, Arrange, Flip, Group dan Object.


Menu Table

Sesuai namanya, menu Table merupakan menu untuk membuat dan mengatur tabel. Menu ini dari 17 sub menu, yaitu Insert, Delete, Select, Merge Cells, Split Cells, Protect Cells, Merge  Table,   Split  Table,  AutoFormat,  Autofit,  Heading   rows   repeat,  Convert,   Sort, Formula, Number Format, Table Boundaries, Table Properties. Dalam menu Table terdapat 5 cascading menu, yaitu pada Insert, Delete, Select, Autofit dan Convert.

Menu Tools

Menu Tools dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan fasilitas-fasilitas yang tersedia pada OpenOffice.org Writer  dan berfungsi  untuk memperbaiki  dokumen.  Ada 19 menu yang terdapat pada Menu Tools, yaitu SpellCheck, Language, Word Count, AutoCorrect, Outline Numbering, Line Numbering, Footnotes, Gallery, Media Player, Bibliography Databases, Mail  Merge Wizard,  Sort,  Calculate,  Update,  Macros,  Extention Manager,  XML Filter. Settings,  Customize,  Options.  Dalam menu Tools  ini   terdapat  3 cascading menu,  yaitu Language, Update dan Macros.

Menu Windows

Menu  Window  adalah  menu   untuk  mengatur   jendela-jendela   dokumen   yang   sedang terbuka.  Nama-nama dokumen yang sedang aktif  akan ditampilkan di  bawah sub menu Window dan dapat Anda pilih dengan cara mengkliknya. Terdapat 2 buah sub menu dalam menu Window, yaitu New Window dan Close Window. Selain itu, terdapat sub menu berisi nama file yang sedang aktif.

Menu Help

Menu  Help  bermanfaat   untuk menampilkan   fasilitas   bantuan   atau   informasi  mengenai OpenOffice.org.  Terdapat  6 buah sub menu dalam menu Help,  meliputi  OpenOffice.org Help, What’s this?, Get Help Online, Translate This Application, Report a Bug, dan About OpenOffice.org.


RANGKUMAN

Salah   satu   aplikasi   pengolah   kata   yang   dapat   kita   gunakan   secara   legal   adalah OpenOffice.org Writer.  Untuk mengaktifkan program OpenOffice.org Writer,  kita dapat menggunakan Applications Starter pada taskbar dan menggunakan klik ganda pada ikon OpenOffice.org Writer  yang  terdapat  di  Desktop maupun di  Panel  Taskbar.  Setelah kita mengaktifkan program OpenOffice.org Writer,  akan muncul   tampilan  lembar kerja yang bagian-bagiannya adalah Title Bar,  Control  Box,  Menu Bar,  Toolbar  Standard,  Toolbar Formatting,   Toolbar   Drawing,   Ruler   (Horizontal   dan   Vertical   Ruler),   Scroll   Bar (Horizontal  dan Vertical  Scroll  Bar),  Status Bar  dan sebuah  lembar  kerja kosong yang berada di tengah sebagai tempat untuk mengetik dokumen.OpenOffice.org Writer mempunyai Menu Bar berisi 9 menu, yaitu:

● Menu   File,   yaitu  menu   utama   yang   digunakan   untuk   mengatur   file,   seperti membuka   lembar   kerja,  menutup   lembar   kerja,  menyimpan   lembar   kerja,   dan melakukan pencetakkan dokumen.

● Menu Edit,  yaitu menu utama kedua yang digunakan untuk membantu pengguna dalam proses pengeditan dokumen, termasuk dalam pencarian teks.

● Menu View,  yaitu menu untuk mengatur   tampilan dokumen  atau  lembar  kerja, termasuk untuk memperbesar dan memperkecil ukuran lembar kerja.

● Menu Insert, yaitu menu untuk menyisipkan beberapa jenis objek ke dalam lembar kerja. Objek-objek tersebut dapat berupa gambar, karakter khusus, simbol, header, footer,   nomor   halaman,   tanggal   dan  waktu,   tabel,   dan   juga   objek   berupa   file dokumen tipe lainnya.

● Menu   Format,   yaitu  menu   untuk  membantu   pengguna  mengatur   format   objek dokumen  seperti   teks,  gambar,  paragraf,  atau  jenis  objek  lainnya  yang  terdapat dalam dokumen lembar kerja.

● Menu Table, yaitu fasilitas untuk membuat tabel termasuk yang memiliki operasi-operasi dasar tabel seperti Insert, Delete, Select, Merge dan Split Cells.

● Menu Tools, yaitu menu yang sangat berperan mengatur beberapa fasilitas konten pada   aplikasi OpenOffice.Org   Writer.   Pada   menu   inilah   opsi-opsi   dalam OpenOffice.Org  Writer   dapat   kita   ubah   sesuai   dengan   kebutuhan   kita.  Melalui menu ini,  kita dapat mengatur kinerja aplikasi  OpenOffice.Org Writer agar dapat lebih maksimal.

● Menu  Window,   yaitu  menu   untuk  mengatur   jendela-jendela   dokumen   atau   file lembar kerja yang sedang aktif atau terbuka.

● Menu  Help,   yaitu  menu   untuk  menampilkan   fasilitas   bantuan   atau   informasi mengenai  OpenOffice.Org  Writer,   baik   secara   offline  maupun   secara   online   di Internet.

● Ada 3 toolbar   OpenOffice.Org  Writer   yang   sering   digunakan   dalam   proses pengeditan dokumen yaitu Standard, Formatting dan Drawing.

● Toolbar Standard adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur dokumen   seperti   membuka,   menyimpan,   sampai   pada   pencetakkan dokumen.

● Toolbar Formatting adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur dan memodifikasi teks atau tulisan dalam dokumen.

● Toolbar Drawing adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengedit objek gambar dan berbagai bentuk objek dokumen lainnya.


ISTILAH-ISTILAH PENTING

NAMA ISTILAH DEFINISI
Application Starter Nama tombol pada desktop sebuah sistem operasi, baik Linux maupun Windows, yang berfungsi untuk membuka dan menjalankan program-program aplikasi.
Cascading Menu Sub menu yang berada dalam pull-down menu yang bila kita klik 

akan memunculkan beberapa sub-sub menu lain.

Clip Art Kumpulan ikon, gambar, tombol, dan file image lain yang dapat langsung digunakan dengan cara ditempelkan ke dalam dokumen. Clip Art dapat juga berupa dokumen audio atau video.
Desktop Tampilan layar utama dari sistem operasi yang muncul di layar monitor
Font Karakter grafis dengan desain tertentu yang mencakup huruf, angka, dan simbol-simbol.
Footer Bidang yang terdapat pada margin bawah setiap halaman dalam dokumen. Kita dapat menambahkan teks atau gambar, misalnya nomor halaman, tanggal, logo perusahaan, judul dokumen, nama file, atau nama penulis pada footer
Header Bidang yang terdapat pada margin atas setiap halaman dalam dokumen. Kita dapat menambahkan teks atau gambar, misalnya nomor halaman, tanggal, logo perusahaan, judul dokumen, nama file, atau nama penulis pada Header.
Icon Menu bergambar yang berfungsi sebagai shortcut
Mail Merge Fasilitas untuk membuat surat massal yang ditujukan ke banyak alamat
Margin Ruang kosong di sekeliling tepi halaman. Kita dapat menyisipkan objek berupa teks maupun gambar pada bidang cetak di dalam margin. Selain itu, kita juga dapat menempatkan beberapa hal dalam margin seperti Header, Footer, dan nomor halaman.
Pop-Up Menu Menu berisi perintah-perintah pengeditan dokumen yang dapat kita munculkan dengan cara klik kanan pada bagian yang akan diedit.
Programs Kumpulan perangkat lunak komputer yang terinstall dalam sebuah sistem operasi di komputer.
Pull-Down Menu Istilah untuk menyebut jenis menu dalam sebuah aplikasi yang jika kita klik  akan memunculkan beberapa sub menu.
Shortcut Jalan pintas untuk menjalankan program aplikasi pada sistem operasi yang terinstall di komputer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s