BURJO dan TOUGE

ITU tempat ane cari kesehatan gan,,,dmnana banyak manfaat yg berada didalem t4 itu..

contoh gampangnya aje,,gue bsa bnyak temen sring tongkrongan dstu setiap pagi,,,padahal inti dateng kstu cuma mau cari penunda lapar pelepas dahaga yaitu BURJO gan,,,,

tpi ape mau dikate,,,kagak taunya beribu manfaat di t4 itu,,buat para BURJOER yg ada d nusantara nyok,,,kita lestarikan dan diperbanyak,,kagak salah,,tpi menguntungkan buat sapa aje gan,,,,

nih di baweh contoh hasil setelah ane adakan penelitian buat BURJO disekitar daerah UNSOED purwokerto,,t4 ane merantau,,,,

di baca dan di amalkan makan burjo setiap hari ya gan,,,,hehe.

Sebagai makanan, tanaman yang diperkirakan berasal dari India ini menghasilkan berbagai masakan. Mulai dari aneka panganan kecil, bubur, sampai kolak. Namun selain rasanya yang gurih dan lezat, kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Nutrisi Penting
Kacang hijau atau Phaseolus Aureus berasal dari Famili Leguminoseae alias polong-polongan. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain; kalsium dan fosfor yang sangat diperlukan tubuh. Sedangkan  kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan.

Protein Tinggi
Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik. Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut memerlukan gizi yang baik terutama protein, dan karena kacang hijau kaya akan protein maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal akan terwujud.

Kalsium  dan fosfor
Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Lemak Rendah
Sangat baik bagi orang yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan/minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Vitamin B1 (tiamin)
  • Untuk pertumbuhan. Pada awalnya vitamin B1 dikenal sebagai anti beri-beri. Selanjutnya dibuktikan bahwa vitamin B1 juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Defisiensi vitamin B1 dapat mengganggu proses pencernaan makanan dan selanjutnya dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan. Dengan meningkatkan asupan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B1, seperti kacang hijau, hambatan pertumbuhanpun dapat diperbaiki.
  • Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan.
    Secara tak langsung peran ini sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan badan. Penelitian mengungkapkan bahwa defisiensi vitamin B1 menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus dua kali lebih lambat yang mengindikasikan sulitnya proses pencernaan makanan yang terjadi sehingga kemungkinan makanan tersebut tidak dapat diserap dengan baik.
  • Sumber energi
    Vitamin B1 adalah bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Tanpa kehadiran vitamin B1 tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat.
  • Memaksimalkan kerja syaraf
    Tanda-tanda pertama orang yang kekurangan vitamin B1 adalah penurunan kerja syaraf. Kegiatan syaraf terganggu karena oksidasi karbohidrat terhambat. Penelitian pada sekelompok orang yang makanannya kurang cukup mengandung vitamin B1 dalam waktu singkat muncul gejala-gejala mudah tersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran, dan kurang bersemangat. Hal ini mirip dengan tanda-tanda orang stress.
Vitamin B2 (riboflavin)
  • Membantu penyerapan protein di dalam tubuh
    Salah satu teori menyebutkan bahwa vitamin B2 dapat membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Kehadiran vitamin B2 akan meningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien.
Tidak kalah dengan kacangnya, kecambahnya juga memiliki manfaat seperti:
  • Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyebaran sel kanker.
  • Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan.
  • Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. karena bersifat alkalis (basa).
  • Untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

nih ade lagi gan,,,semuah makanan yg terlihat murah dan gampang di cari eno-no ade bnyak d halaman rumah tetangge gue,di tempat tempe penyet kesukaan ane,,biasane ane mah minta doanklok ma tetangge,,,eh setelah gue identifikasi lebih jauh,,,daun kemangi dan kecambah,,,atau orang purwoekrto nyebutnye…TOUGE alias KIYE TOGE arane,,kayak kue,,,mbokayu pade bilang,,,,

Daun kemangi dinyaakan sebagai sumber yang sangat baik dati zat besi,kalsium,kalium dan vitamin C. Kandungan unsur magnesium membuat kemangi baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung,yaitu dengan aliran darah didalam pembuluh,mengurangi resiko kejang otot jantung atau pembuluh darah,mencegah irama detak jantung yang tidak teratur. Penting diketahui kemangi kaya kandungan beta karotene,senyawa antioksidan yang dibutuhkan untuk mencegah kerusakan sel tubuh manusia. Agar manfaatnya terjaga Disarankan mengolahnya dengan cara tidak merusak zat kandungan,sepeti tidak memasaknya terllau lama.

Daun kemangi,kecambah dan susu kedelai selain enak dimakan dan mudah dalam mengolahnya,ternyata ketiga bahan dari alam itu mengandung zat yang memang diperlukan tubuh kita,seperti vitamin E,vitamin B,berbagai mineral,protein dan fitoestrogen.Untuk memperoleh mafaatnya ,maka tentunya bahan itu harus dikonsumsi secara teratur dalam jumlah yang cukup.

Estrogen alami yang terdapat dalam tauge berfungsi sama dengan estrogen sintetis. Estrogen dalam tauge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang, serta mencegah rapuh tulang (osteoporosis). Rajin makan tauge membantu wanita terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang mentruasi (premenstrual syndrome, PMS) keluhan semburat panas (hot flashes), pramenopause dan gangguan akibat menopause.

Tauge bermanfaat juga untuk kecantikan kulit kita, karena tauge mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Kalau kita konsumsi vitamin ini, otomatis kulit akan lebih cerah dan lebih bersinar. Tauge yang berbahan dasar kacang juga dipercaya kaya protein, protein yang utama dan esensial sangat bagus untuk pergantian kulit.
Sel-sel yang rusak memerlukan pergantian dan sangat membutuhkan protein. Semua jenis kacang-kacangan, seperti kacang hijau kulitnya bisa dimakan karena seratnya yang tinggi.

Kalau kita makan kacang hijau dengan kulitnya, otomatis lemak di usus akan terikat oleh si serat sehingga tidak terserap. Otomatis kalau lemak kita berkurang kulit menjadi lebih halus, dan tidak mudah berjerawat. Tapi semua serat bisa mengurangi lemak membantu metabolisme gula dan kolesterol.
Selain itu juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, oleh karenanya tauge sangat bagus untuk kecerahan kulit dan menghilangkan vlek-vlek di wajah akibat jerawat dengan adanya pergantian sel-sel tersebut, tauge sendiri akan lebih baik ketika dimakan mentah, walaupun enak juga untuk diolah. Dengan memakannya bermentah-mentah zat gizi yang terkandung tidak akan berkurang. Antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan dan kecantikan akan berfungsi secara maksimal.
Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsi tauge sebaiknya dikombinasi dengan sayuran lain. Jadi sebaiknya diet seimbang, protein, vitamin, mineral, karbohidrat itu baru seimbang.
Susu kedelai tidak diragukan lagi mafaatnya,terutama bagi kaum wanita. Ada hasil penelitian yang membukatikan bahwa Wanita jepang tidak mudah mengalami kekeroposan tulang karena rajin mengonsumsi makanan yang berbahan baku kacang kedelai.Buatlah sendiri susu itu dari kedelai yang bermutu baik,dan minumlah 200 ml sekali setiap hari. Cobalah tidak menambah gula pasir kedalam minuman ini,atau anda bisa mengganti gula pasir dengan madu yang bermutu baik. Kalau ada gangguan penyakit ginjal ,cukup 3 kali seminggu….klo ane ma bini ane mah ane suruh tap hari makan bgtuan,,buat jaga ksehatan keluarga ane,,hihihii

nah dstu juga kita bsa mesen jus wortel…

7 Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Di antara jenis sayur lainnya, rasa-rasanya wortel termasuk jenis sayuran yang paling digemari. Citarasanya manis dan teksturnya renyah. Cocok sekali dijadikan camilan yang menyehatkan. Jika Anda tak doyan sayuran kesukaan kelinci ini, Anda termasuk kelompok yang merugi. Sebab, Anda banyak kehilangan manfaat yang diberikan wortel bagi kesehatan. Mau terus merugi? Tentu jangan. Segeralah mulai menyukai sayuran yang satu ini. Nah, untuk memperoleh manfaat wortel secara maksimal yang harus diperhatikan adalah jeli memilih wortel. Pilih wortel yang berwarna agak muda dan terang. Ini menandakan bahwa wortel tersebut masih muda dan segar. Berikut adalah sederet manfaat wortel yang perlu Anda ketahui. Siapa tahu ada resep yang Anda butuhkan.
1. Mengatasi hipertensi
Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.
2. Mengatasi demam pada anak
Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.
3. Mengatasi luka bakar
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.
4. Menyembuhkan batuk
Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas clan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.
5. Mengatasi nyeri haid
250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu blender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.
6. Mengatasi sembelit
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.
7. Menghaluskan wajah
Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering, lalu bilas dengan air.di coba aja ya..

trus biasanya burjo juga bsa di campur jeruk ini,,walau ga enak tpi khasiatnya men,,ampuh….

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Khasiat untuk pengobatan
1) Demam
Petiklah 2-4 genggam daun jeruk nipis. Rebus dengan 2-4 gelas
air. Gunakan air rebusan ini untuk mengompres pasien yang
demam. Caranya dengan membasuh kain pada air rebusan
dan diperas, lalu ditempelkan pada dahi penderita.
2) Batuk kronis
Peraslah sebuah jeruk nipis tua. Ambil air perasannya satu sendok teh. Campur dengan kecap manis. Minumlah tiga kali sehari.
Cara lain untuk mengobati batuk ialah dengan memanggang jeruk nipis sebentar di atas api hingga diperkirakan air di dalam jeruk nipis mendidih. Biarkan sebentar hingga buah suam-suam kuku. Belah jeruk nipis tersebut, lalu langsung peras ke dalam mulut hingga mengalir ke tenggorokan. Resep ini baik pula untuk menyebuhkan flu.
3) Flu ringan
Minum air jeruk nipis yang hangat.
4) Penyakit kurang darah
Siapkan bahan berupa daun bayam duri 25 g, telur ayam 2 butir, jeruk nipis 1/2 buah, madu murni 2 sendok makan, serta daun tapak liman 10 g. Daun bayam dan daun tapak liman dibersihkan, Ialu ditumbuk dan diambil airnya. Air tersebut dicampur dengan kuning telur, jeruk nipis, dan madu. Aduk sampai rata dan diminum 2 kali sehari.
5) Menghentikan kebiasaan merokok
Isaplah sepotong jeruk nipis. Rasanya yang asam segar membuatAnda terangsang untuk minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari. Cara ini selain mengurangi keinginan untuk merokok juga membantu membersihkan nikotin yang sudah terdapat pada gigi dan mulut.
6) Bau ketiak yang tidak sedap
Siapkan jeruk nipis yang dicampur kapur sirih. Setelah mandi, usapkan campuran ini pada ketiak dan biarkan beberapa waktu sebelum dibasuh. Lakukan pagi dan sore hari.
7) Khasiat lain
Perasan jeruk nipis yang dicampurkan ke dalam minuman teh, selain dapat menyegarkan tubuh, juga mampu memperlancar keluarnya air kencing.

and biasanya di t4 tongkrongan gtu or t4 tempe penyet,,,,ga ketingalan sllu make bawang putih d bumbu pedasnya itu,,buat ini gan…

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Selain sebagai pelengkap atau penyedap masakan, bawang putih memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi bawang putih setiap hari, kita dapat mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung. Berikut ini khasiat utama yang terkandung dalam bawang putih.

– Menghambat pertumbuhan sel kanker.
– Membantu menurunkan kadar kolesterol.
– Meningkatkan insulin darah bagi penderita diabetes.
– Melumpuhkan radikal bebas yang mengganggu sistem kekebalan tubuh.
– Membantu menambahkan nafsu makan apabila dikonsumsi mentah.

Setelah tau manfaatnya, apakah Anda masih ragu untuk mengkonsumsi bawang putih ?

begitu aja dlu gan hasil forensik ane ma macam tanaman yg biasa ane makan,,,

buat yg laen silahkan aje agan comment ya di stu,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s