CARA MENGENDALIKAN EMOSI

CARA MENGENDALIKAN EMOSI

Ketidakmampuan mengendalikan emosi, seperti marah, memahitkan hati dan menimbulkan penyesalan; untuk memulihkannya, kita butuh perubahan dan pertobatan.

Kapan orang pintar, suci, terhormat menjadi bodoh? Mereka menjadi bodoh saat tidak dapat mengendalikan emosi, misalnya pada saat marah, maka dari mulutnya keluar ucapan mengenai kebun binatang: “Anjing”, “Monyet”, dan lain-lain. Orang yang mendapatkan ucapan seperti itu tentu saja dapat menjadi marah juga, sehingga seringkali menimbulkan pertengkaran di antara keduanya.

Orang yang tidak dapat mengendalikan emosinya pun tidak berbeda dengan binatang itu sendiri. Kita manusia, sebagai ciptaan Tuhan terbaik, memiliki pikiran (otak) dan budi (hati nurani), tetapi binatang tidak memiliki keduanya. Bila anjing ingin kawin, maka ia dapat melakukannya dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Hal ini jelas tidak akan dilakukan oleh manusia yang sehat jasmani dan rohani.

Bila kita melakukan sesuatu karena emosi, maka hasilnya tidak memuaskan bahkan mengecewakan, sehingga yang timbul kemudian adalah penyesalan dan kepahitan hati. Untuk memulihkan semua hal tersebut, maka kita membutuhkan perubahan, atau bahkan pertobataan, agar kita dapat pulih kembali seperti semula.

Nah … daripada menyesal kemudian, marilah sebelum bertindak kita hening sejenak, dan memikirkan apa dampak dari tindakan yang kita lakukan. Jangan lakukan bila dampaknya negatif dan merugikan kita serta orang lain, tetapi silahkan lakukan bila tindakan tersebut memberikan manfaat positif.

Enam Cara Memulai Hari Penuh Semangat

Alangkah indahnya jika setiap kali akan beraktivitas di pagi hari bisa diawali dengan senang dan riang. Tapi jangankan senang, melihat kemacetan lalu lintas dan bayangan akan deadline sudah membuat Anda malas menyongsong hari esok.

Apakah Anda tahu, cara Anda mengawali hari dapat mempengaruhi seluruh hari Anda? Jika Anda merasa jenuh dan ingin sesekali berangkat ke kantor sambil bersenandung riang, mungkin cara berikut bisa membantu Anda!

Mendengarkan Musik

Terapi musik sudah dikenal dapat mengurangi stress dan berefek positif pada kesehatan. Tidak perlu seorang ahli untuk bisa mendapatkan terapi musik ini. Cukup dengarkan musik favorit dari mp3 player atau ipod. Musik akan memberikan energi positif dan ketenangan psikologis. Musik juga bisa mendukung gaya hidup sehat. Misalnya saja musik tenang mendorong Anda untuk melakukan meditasi, yoga. Atau musik yang sedikit nge-beat menstimulasi Anda untuk berolahraga.

Mandi Air Hangat

Mandi dengan air panas membuat otot-otot relaks, dan Anda bisa melakukan sedikit gerakan streching agar tubuh tidak kaku. Streching dapat melemaskan otot-otot yang tegang dan memungkinkan Anda untuk memulai hari lebih relaks dan tenang. Tentu saja, jika merasa tenang, Anda sanggup mengatasi masalah yang datang hari ini.

Sarapan

Sarapan adalah the most important meal of the day. Sarapan yang sehat dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan memberikan Anda kekuatan untuk menghadapi hari secara fisik dan mental. Tanpa sarapan, Anda akan lemas dan kurang bisa berkonsentrasi. Jadi, pastikan sarapan Anda terdiri dari protein dan buah.

Menulis Jurnal

Menulis jurnal atau blog memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan manajemen stress. Menuliskan peristiwa yang Anda alami setiap hari dapat meningkatkan kualitas diri karena membantu Anda lebih fokus, mengolah emosi dan membantu Anda untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi.

Teh Hijau

Minum secangkir teh hangat terutama teh hijau yang kaya kandungan antioksidan, akan membuat Anda merasa lebih segar. Hal ini disebabkan karena antioksidan merawat sel tubuh sehingga selalu sehat.

Jalan-jalan Pagi

Aktivitas jalan pagi memiliki banyak manfaat. Selain membuat tubuh tetap bugar, jalan-jalan pagi membuat Anda siap untuk menghadapi hari, tidur lebih nyenyak, dan sekaligus membantu menurunkan tingkat stress Anda. Jika Anda merasa berat untuk jalan-jalan pagi sendirian, ajak pasangan Anda atau binatang piaraan Anda.

5 Kebiasaan Baik untuk Mengawali Hari

Bad mood datang tak kenal waktu, kadang datang saat pagi hari setelah baru bangun. Tentu hal ini akan mempengaruhi Anda sepanjang hari nanti.

Untuk itulah Anda perlu membiasakan hal-hal yang baik saat Anda mulai bangun baik. Hari akan menjadi baik jika diawali dengan hal-hal yang baik pula. Jadi mulailah hari-hari Anda dengan kebiasaan seperti ini:

*Meregangkan badan saat bangun tidur*.
Saat momen-momen ?mengumpulkan nyawa? alias leyeh-leyeh seperti ini, lakukanlah gerakan-gerakan yang bisa meregangkan badan Anda. Seperti meregangkan jari-jari, pergelangan tangan atau kaki Anda. Menguaplah sepuas-puasnya agar oksigen banyak terhirup. Gerakan ngulet seperti ini juga bisa membuat peredaran darah Anda semakin lancar.

*Minum air putih sebelum sarapan*.
Biasakan minum air sebelum Anda makan, hal ini bisa mengurangi rasa dehidrasi yang Anda rasakan sejak Anda tidur pada malam harinya. Jika Anda mengalami kondisi dehidrasi maka akan memperlambat proses metabolisme Anda. Menurut jurnal Obesity, sel-sel yang terpenuhi kebutuhan airnya tidak hanya bekerja lebih baik, tetapi juga membantu membuang lemak.

*Sarapan makanan yang mengandung protein*.
Dengan sarapan maka Anda akan membutuhkan lebih sedikit kalori sepanjang hari karena sebagian calorie intake disisihkan untuk pagi hari. Sarapan juga membuat Anda dapat berpikir lebih baik dan lebih mampu berkonsentrasi. Jadi biasakan diri Anda untuk menkonsumsi protein yang sesuai dengan kapasitas perut Anda, kekenyangan justru membuat Anda akan mengantuk .

*Buat agar sirkulasi darah lancar.*
Biasakan untuk berolahraga ringan pada pagi hari, Olahraga pagi juga menjadi cara yang baik untuk memastikan tubuh Anda siap menhadapai aktivitas Anda yang padat sepanjang hari. Maka biasakan diri Anda untuk melakukan olahraga ringan selama 10 menit sebelum Anda beraktivitas.

*Meminum secangkir kopi*.
Terlepas dari sisi kesehatan mengenai kopi yang katanya adiktif alias memiliki candu, tapi banyak yang mengatakan bahwa kopi dapat meningkatkan konsentrasi, atau membantu Anda bekerja lebih baik. Namun, sekali lagi jangan mengonsumsi kopi secara berlebihan, kafein berlebih akan membuat Anda gelisah dan meningkatkan detak jantung Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s